Mobil ini Menggunakan Bahan Bakar Kopi

by
June 21st, 2012 at 4:55 pm

Sebuah mobil mampu melaju dengan bahan bakar kopi. Mobil yang diberi nama Car-puccino ini pergi sejauh 337 km dari kota Manchester ke London. Namun, dengan biaya bahan bakar antara 25 hingga 50 kali lipat dari bahan bakar minyak, penemuan ini tidak menarik bagi industri motor atau penyedia kopi.

Tapi, menarik bagi kita untuk tahu hal ini. Carpuccino sejatinya merupakan Volkswagen Scirocco yang kemudian dimodifikasi. Mobil ini dibangun oleh tim dari program ilmu pengetahuan BBC1, Bang Goes The Theory.

Tim ini telah menghitung konsumsi Carpucino tersebut sekitar 3 kg kopi bubuk untuk melaju sejauh 4,8 km, menandakan perjalanan dari Manchester menuju London menghabiskan sekitar 70 kg kopi bubuk. Ini juga berarti bahwa tim yang mengendarai harus berhenti setiap 48 kilometer untuk menuang kopi (bukan untuk diminum, tetapi sebagai bahan bakar).

Mereka juga harus berhenti setiap 90 km untuk membersihkan saringan dari ampas kopi yang dihasilkan proses pembakaran. Selain itu, mereka juga hanya mampu mengendarai dengan kecepatan maksimal 90 kmph. Dengan kendala-kendala tersebut, mereka harus menghabiskan waktu 10 jam rute Manchester-London.

Menurut, Nick Watson, produser bang Goes The Theory, seperti dikutip dari Daily Mail, “Kopi, sama seperti kayu, atau batu bara, yang memiliki kandungan karbon, sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai bahan bakar.” Ia menambahkan bahwa kopi yang digunakan sebagai bahan bakar harus kering agar tidak mengganggu proses pembakaran. Merk dan rasa kopi tidak berpengaruh, asalkan kopi tersebut cukup kering.

Untuk menghemat uang dan sedikit menyelamatkan lingkungan, kopi yang mereka gunakan sebagai bahan bakar adalah kopi yang sudah tidak terpakai (kadaluarsa). Mereka mengumpulkan kopi-kopi tersebut dari sebuah cabang kedai kopi.

Comment di sini