Temuan Baru Kamera Super Gigapiksel

by
June 21st, 2012 at 5:15 pm

Live Science

Berita terbaru dari dunia teknologi tentang munculnya sebuah kamera canggih yang mampu mengambil gambar dengan resolusi gigapiksel.

Kamera pada umumnya memiliki resolusi dalam megapiksel saja seperti kamera poket biasa, hanya mampu mengambil gambar dengan resolusi 12 megapiksel atau lebih. Bahkan sebuah film biasanya menggunakan kamera dengan 25 sampai 800 megapiksel untuk merekam adegan-adegannya.

Tapi kini muncul sebuah temuan baru kamera super yang mampu mengambil gambar hingga 1000 megapiksel atau 1 gigapiksel. Dalam kamera super ini ada 98 kamera mikro yang digunakan di dalamnya dan juga sebuah sensor dengan resolusi 14 megapiksel. Kamera-kamera mikro tersebut akan mengumpulkan gambar yang nantinya disatukan sehingga detail pada obyek akan terlihat jelas.

Kamera super ini mampu mengirimkan kira-kira 3 gambar setiap menitnya, mampu mengambil gambar kurang dari sepersepuluh detik, dan kamera ini hanya memerlukan waktu kira-kira 18 detik untuk mengirimkan gambar utuhnya ke memori kamera yang tersedia.

Live Science

Kamera super ini dibuat dengan tujuan untuk digunakan demi kepentingan keamanan sebagai kamera pengawas dalam skala besar. Kamera super ini nantinya juga akan digunakan untuk merekam acara-acara besar seperti konser atau acara olahraga seperti Piala Eropa sekarang ini atau pun Piala Dunia mendatang.

Selain itu, kamera ini juga dapat digunakan demi kepentingan perkembangan ilmu pengetahuan. Misalnya, kamera super ini dugunakan untuk mengambil gambar di Pocosin Lakes National Wildlife Refuge yang berada di Columbia, Amerika Serikat akan mampu menampilkan jumlah angsa tundra yang ada di dalamnya. Kamera super ini juga akan sangat membantu para ilmuwan dalam mengamati pergerakan burung-burung yang bermigrasi dalam kawanannya, walau jaraknya terbilang cukup jauh.

Hadirnya kamera super ini merupakan temuan yang bagus bagi dunia pengetahuan dan teknologi.

Live Science

Comment di sini