10 Makanan Terlarang Menurut Undang-Undang

by
June 22nd, 2012 at 10:26 am

Bukan hanya makanan yang disebut haram saja yang tidak boleh dimakan. Ada beberapa peraturan di dunia yang melarang beberapa jenis makanan untuk dikonsumsi, seperti yang telah diterapkan di California, Amerika Serikat, pada tanggal 1 Juli lalu, hati angsa tidak boleh dikonsumsi lagi.

Berikut ini CiriCara menemukan beberapa jenis makanan yang dilarang:

1. Saus Tomat

Di Prancis, saus tomat menjadi bahan makanan yang dilarang dikarenakan pemerintahan Prancis ingin generasi muda di sana tetap terbiasa dengan rasa masakan ala Prancis. Penggunaan saus tomat dibatasi khususnya pada sekolah-sekolah. Para anak di sana hanya boleh menggunakan saus tomat pada kentang goreng 1 kali dalam seminggu.

2. Daging Kuda

Mungkin di Indonesia, makanan ini masih terdengar jarang dikonsumsi orang banyak atau sampai masuk dalam daftar menu di restoran-restoran Indonesia. Rupanya, mengonsumsi daging kuda sudah menjadi kebiasaan sejak zaman dahulu kala sehingga larangan pertama ada pada tahun 732 di seluruh Eropa.

Amerika Serikat pun pernah menerapkan larangan ini sampai pada 2011, saat Presiden Obama mencabutnya. Di Prancis dan Italia, permintaan pasar untuk daging kuda sangat tinggi.

3. Sirip Hiu

Negara bagian California, Amerika Serikat, baru mengesahkan undang-undang yang melarang penjualan, perdagangan serta kepemilikan sirip ikan hiu ini atau yang sering dikenal dengan sebutan shark fin. Masyarakat China biasanya menyantap sirip ikan hiu yang sudah dijadikan sup.

Menurut Prof. Duncan seorang ahli hewan dari Universitas Guelph di Ontario, Amerika Serikat, pembunuhan hiu yang dilakukan dengan sengaja karena ingin mengonsumsi sirip atau dagingnya merupakan tindakan yang sangat kejam bagi kelestarian hewan ini.

4. Susu Mentah

Pelarangan untuk minum susu murni langsung sehabis diperah menjadi kontroversial ketika beberapa kritikus gizi menyatakan bahwa susu yang masih murni dan mentah itu justru memiliki berbagai macam enzim yang dapat berkhasiat bagi tubuh. Proses sterilisasi yang dilakukan pada susu hasil perahan bertujuan untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalam susu tersebut, namun, hal ini juga akan membunuh mikroba-mikroba baik yang bermanfaat bagi susu. Larangan yang sudah diberlakukan di 22 negara bagian Amerika Serikat ini disarankan untuk segera dicabut.

5. Ikan Puffer

Ikan ini mungkin mengingatkan kita pada film Finding Nemo. Ikan puffer yang juga disebut sebagai ikan Fugu adalah ikan laut yang dapat menggelembung dan mengeluarkan duri jika dirinya merasa berada dalam bahaya. Rupanya, ikan ini sangat terkenal di Jepang sebagai makanan tradisional di negeri Matahari Terbit ini.

Tapi Negara Uni Eropa tidak setuju dengan kebiasaan masyarakat Jepang karena ternyata ikan Fugu itu memiliki racun hampir di setiap bagian tubuhnya, seperti indung telur, hati, bahkan kulit ikan tersebut. Akhirnya mereka melarang perdagangan dan penyajian ikan puffer di restoran-restoran karena pernah terjadi keracunan yang fatal.

6. Haggis

Haggis adalah makanan yang menggunakan paru-paru domba sebagai bahan utamanya. Makanan ini menjadi ciri khas negara Skotlandia, dan banyak digemari oleh penduduk di sana. Sayangnya, Amerika Serikat melarang warganya untuk mengonsumsi makanan ini karena keberatan dengan bahan utamanya. Hal ini menjadi perdebatan yang cukup alot, sampai akhirnya pada 2010 terdengar desas-desus kalau peraturan ini tidak akan diberlakukan lagi.

Warga Amerika Serikat yang penasaran untuk mencicipi rasa Haggis memutuskan untuk membuat makanan ini dengan cara mengganti bahan utamanya.

7. Keju Busuk

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apakah ada orang yang gemar makan keju busuk sampai-sampai keluar larangan untuk berhenti mengonsumsinya? Nyatanya memang ada yang suka menyantap keju jenis ini. Keju busuk ini dikenal dengan nama Casu Marzu. Bahan dasarnya adalah keju Pecarino Sardo yang sudah disuntikkan larva Piophila Casei agar keju tersebut menjadi busuk akibat larva tersebut.

Uni Eropa melarang penggunaan keju ini sebagai bahan makanan karena larva yang berada di dalm keju tersebut tidak dapat hancur diolah dalam tubuh karena larva ini tahan terhadap kondisi asam. Dalam arti kata, larva ini tidak akan mati walau terkena cairan asam lambung manusia. Larva yang terus mendekam dalam tubuh manusia ini akan menyebabkan rusaknya lambung.

8. Tanaman Stevia

Tanaman ini mungkin agak asing di telinga kita karena kita jarang menemuinya di Indonesia. Tapi tanaman ini masih masuk dalam kelas seperti bunga matahari. Tanaman yang sering digunakan daunnya sebagai pemanis ini, dilarang di beberapa negara setelah penelitian yang dilakukan pada tahun 1985, yang menyatakan kalau tanaman ini dapat menyebabkan ketidaksuburan pada wanita dan pria.

9. Burung Ortolan

Burung yang berasal dari negara Prancis ini ternyata juga dilarang untuk dikonsumsi di negaranya sendiri. Penjualan burung ini dianggap ilegal walaupun banyak restoran yang membeli burung ini untuk disajikan dalam menu rahasia di restoran mereka.

10. Ikan merah

Ikan merah dilarang untuk dikonsumsi setelah resep masakan ala koki Paul Prudhomme yang berasal dari New Orleans di tahun 1980-an diminati banyak orang. Hal ini mengarah pada berkurangnya populasi ikan merah. Alhasil, pemerintahan Amerika Serikat saat itu mengeluarkan undang-undang terkait dengan perdagangan ikan merah ini. Sedangkan resep menu ikan merah panggang ala Paul masih terus menyebar di Louisiana, Amerika Serikat.

Itulah kesepuluh bahan makanan yang dilarang untuk dikonsumsi dikarenakan berbagai macam alasan yang mendukungnya.

Comment di sini