CiriCara: Cara Mengobati Kecanduan Twitter

by
June 22nd, 2012 at 4:13 pm

Twitter merupakan akun jejaring sosial yang hampir sama beken-nya seperti Facebook. Hampir tidak ada yang tidak punya akun Twitter, sampai-sampai anak sekolah dasar saja sudah punya akun jejaring sosial ini.

Ketika sudah berhadapan dengan situs 140 kata ini, banyak yang tak bisa begitu saja meninggalkan sebelum menulis puluhan atau bahkan ratusan cuit.  Apakah kamu salah satu orang yang kecanduaan mencuit setiap saat di manapun dan kapanpun?

Jika Ya, maka kamu harus mulai melakukan beberapa langkah di bawah ini, jika ingin berhenti kecanduan Twitter.

1. Jadikanlah Twitter sebagai hobi, bukan kebiasaan. Hobi dan kebiasaan jelas berbeda. Sebaiknya Twitter hanya dipakai untuk menemani di waktu luang.

2. Tentukan waktu Twitter-an sendiri. Jadwalkan jam-jam untuk bermain Twitter. Misalnya, kamu sisihkan waktu 2 jam untuk bercuit ria. Hal ini akan membantu kamu untuk mengurangi keinginan nongkrongin akun Twitter-mu berjam-jam.

3. Matikan semua notifikasi di ponselmu yang berhubungan dengan Twitter, misalkan Twitter untuk Android, Twitter untuk BlackBerry, dll. Jika ponsel kamu sepi dari notifikasi, maka rasa ingin untuk membuka Twitter pun berkurang.

4. Pikirkan baik-baik apakah cuitmu memang perlu ditampilkan? Jika tidak terlalu penting, lebih baik tahan diri. Satu cuit bisa memicu puluhan cuit lain yang muncul sesudahnya.

5. Jangan beritahukan di status Twitter-mu jika ingin berhenti dari kecanduan jejaring sosial ini. Karena hal tersebut hanya akan memancing komentar dari orang lain sehingga akhirnya kamu tidak dapat berhenti online.

6. Lakukan secara total. Jika cara perlahan tetap tidak bisa menghentikan kecanduan kamu, saatnya melakukan langkah ekstrem. Matikan akun Twitter kamu. Pilihan Deactivate mungkin cocok buat kamu yang sudah kecanduan berat.

Bagaimana? Beranikah kamu melakukan cara-cara di atas untuk menghentikan kecanduan Twitter?

Wiki How

Comment di sini