CiriCara: Cara Mengobati Maag dengan Ramuan Tradisional

by
June 22nd, 2012 at 11:37 am

Maag adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar asam dalam lambung. Hal ini bisa terjadi karena pengahancuran asam yang lambat atau memang produksinya yang berlebihan bahkan kelainan saraf dan bakteri.

Maag kronis dapat memperburuk keadaan Anda apabila dibiarkan akan menjadi iritasi atau luka lambung. Gejalanya bisa berupa tinja yang keras, sering muntah, nafsu makan menurun dan kadang diare yang parah.

Mengonsumsi obat bisa menjadi alternatif yang baik, namun jangan lupakan efek sampingnya. Apabila ingin mengobati maag dengan ramuan alami, Anda bisa pilih salah satu dari 5 obat alami berikut ini:

1. Lidah buaya

Kupas kulitnya kemudian potong-potong bentuk dadu. Cuci dengan air garam dan bilas dengan air bersih. Langkah terakhir yaitu merendam lidah buaya dalam air beras semalaman.

Keesokan harinya, cuci lidah buaya dalam rendaman dan kukus selama 10 menit saja. Hancurkan dengan blender dan tambahkan dalam air rebusan gula. Minuman ini bisa diminum dua kali sehari di pagi dan sore hari.

2. Jeruk nipis

Potong-potong 1 buah jeruk nipis kemudian seduh dengan air panas. Tambahkan madu satu sendok makan, aduk hingga rata. Minuman ini memiliki rasa yang menyegarkan dan baik bagi pemilik penyakit maag. Sebaiknya diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

3. Daun sambiloto, sambung nyawa dan mimba

Bahan yang harus disiapkan cukup banyak yaitu 3 lembar daun sambung nyawa kering, 7 lembar daun mimba kering, 30 gram pegagan kering, 2 iris temulawak putih, 30 gram daun jombang kering, 7 lembar daun sambiloto kering, 2 iris temulawak putih dan ½ jari bangle. Cara pembuatannya hanya dengan merebus semua bahan jadi satu dengan lima gelas air hingga tersisa hanya 2 gelas air saja.

4. Taoge

Bahan yang perlu disiapkan hanya taoge dan satu sendok makan madu. Cara pembuatannya hanya dengan menghaluskan taoge di dalam blender kemudian ditambah dengan madu. Ramuan ini bisa diminum dua kali sehari.

5. Bangle, jahe, lempuyang dan kencur

Bahan yang perlu dicari hanya ½ jari bangle, lempuyang, kencur, dan jahe. Cara memasak hanya dengan merebus semua bahan yang telah dicuci bersih dan diiris tipis dengan lima gelas air hingga tersisa dua gelas air dan diminum dua kali sehari.

Lima obat tradisional maag ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak ingin mengonsumsi obat-obatan pabrik. Mudah dibuat dan tentu saja dengan bahan yang terjangkau kantong.

Comment di sini