CiriCara: Cara Mengatasi Insomnia

by
June 22nd, 2012 at 2:10 pm

Penyakit susah tidur itu memang paling mengganggu. Penyakit yang membuat kamu selalu terjaga sepanjang malam ini dikenal dengan sebutan insomnia. Bagi sebagian orang penyakit ini sudah lumrah didengar. Tidak sedikit orang yang mengalami sakit ini, sehingga mereka selalu kurang tidur.

Insomnia akan mengakibatkan badan lesu dan lemah karena kurangnya jam istirahat bagi tubuh. Penderita insomnia juga terlihat lebih stres karena aotak dan saraf-saraf pada tubuhnya tidak berhenti bekerja.

Inilah rangkuman beberapa cara alami yang ampuh untuk atasi insomnia.

1. Olahragalah yang teratur

Olahraga dan kegiatan fisik mampu mempengaruhi kualitas kesehatan tubuh. Dengan berolahraga kerja saraf dan otot pada tubuh Anda menjadi lancar sehingga tidak ada gangguan pada saraf yang menyebabkan sulit tidur di malam hari.

2. Kurangi makanan atau minuman yang mengandung kafein

Ini tentunya sudah diketahui oleh banyak pihak kalau minuman atau makanan yang berkafein tidak dapat merilekskan otot dan saraf untuk beristirahat di malam hari, akibatnya adalah susah tidur.

3. Ikuti jadwal tidur Anda

Jadwal tidur yang sudah menjadi ritme kebiasaan Anda, tidak perlu diubah. Jika jam 9 malam adalah waktu tidur, maka jangan ubah kebiasaan tersebut karena nantinya dapat berujung pada insomnia. Ikutilah ritme tidur termasuk jam bangun tidur Anda. Perubahan pada ritme yang sudah jadi kebiasaan ini membuat tubuh sulit untuk beradaptasi lagi.

4. Lakukan meditasi dan relaksasi sebelum tidur

Meditasi merupakan cara yang terbilang ampuh karena dengan melakukannya, pikiran dan tubuh Anda dapat relaks dan tenang. Cobalah habiskan waktu sebelum tidur dengan membaca buku, mendengarkan musik klasik atau musik lain yang beraliran slow. Yoga dan meditasi juga dapat menjadi alternatif pilihan agar, Anda cepat mengantuk.

5. Periksa obat-obatan yang sedang Anda konsumsi

Jika Anda tidak bisa tidur karena sedang mengonsumsi obat, coba tanyakan pada dokter pribadi tentang komposisi obat tersebut. Mungkin saja obat itu tidak cocok bagi Anda sehingga mengakibatkan kerja saraf lebih tegang sehingga tidak dapat rileks.

6. Periksakan diri ke dokter

Kunjungilah dokter pribadi Anda, mungkin saja yang Anda alami bukanlah sekadar insomnia melainkan penyakit susah tidur yang lebih serius.

Itulah keenam cara alami yang dapat Anda lakukan jika mengalami insomnia.

Suite 101

Comment di sini