CiriCara: Ciri-ciri Kosmetik Bermerkuri

by
June 22nd, 2012 at 3:16 pm

Bahan merkuri adalah bahan berbahaya yang pemakaiannya dilarang di Indonesia. Efek bahan ini dipastikan buruk bagi kesehatan. Akhir-akhir ini banyak yang masih memakai produk-produk yang tidak jelas asal usulnya bahkan banyak diantaranya yang tidak terdaftar di Badan POM.

Seringkali produk yang bagus dan laku di pasaran akhirnya banyak yang dipalsukan dengan tambahan bahan yang disebut dengan merkuri. Agar tidak terjebak dan salah pilih, tidak ada salahnya Anda meneliti dan melihat apakah ciri-ciri kosmetik bermerkuri di bawah ini ada pada barang yang Anda beli.

1. Bau yang tajam

Krim yang dicampur dengan merkuri biasanya memiliki wangi yang tajam untuk menutupi aroma merkuri. Anda patut curiga dengan krim seperti ini.

2. Warna putih dan kuning

Biasanya ada krim yang berwarna putih bening yang digunakan untuk malam hari dan warna kuning yang digunakan untuk pagi hari. Walaupun tidak semua seperti itu tapi Anda harus waspada.

3. Agak mengkilat

Krim yang agak berkilap biasanya mengandung merkuri. Kilapan ini berasal dari merkuri yang adalah logam berat. Saat tutupnya dibuka warna krim tampak seperti hologram/berkilauan. Krim yang bagus tidak berkilap tapi putih dop. Saat mengoles krim ke wajah coba perhatikan adalah kilat-kilat yang menempel.

4. Hasil nampak dalam waktu yang singkat

Pemakaian baru satu minggu namun wajah tampak berubah. Hasil yang diberikan tergantung dari banyaknya kandungan merkuri dalam krim. Makin tinggi kandungannya maka hasilnya pun semakin cepat bahkan ada yang nampak putih pucat.

5. Gatal di awal pemakaian

Rasa gatal yang muncul di awal pemakaian biasanya sangat mengganggu. Oleh karena itu biasanya krim merkuri juga dilengkapi dengan krim anti iritasi.

6. Kulit mudah terbakar

Apabila kulit terpapar sinar matahari akan terasa panas dan menjadi merah. Ini adalah efek samping dari merkuri yang menjadi sensitif.

7. Perih dan kemerahan

Pada masa awal pemakaian, kulit menjadi kemerahan dan terasa perih. Ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa kulit kamu menjadi iritasi karena merkuri. Sebaiknya segera hentikan pemakaian.

Apabila 7 ciri-ciri ini muncul di kamu, sebaiknya kamu segera menghentikan pemakaian krim itu agar kulit tidak rusak makin parah.

Comment di sini