CiriCara: Ciri-ciri Madu Palsu

by
June 22nd, 2012 at 4:45 pm

Madu memang salah satu bahan makanan yang paling banyak dicari orang karena manfaat madu yang seabreg ditambah lagi dengan bukti dari berbagai penelitian. Madu mengandung glukosa, kalsium, vitamin, fosfor dan dapat membantu fungsi serta kerja saraf yang bertugas mengontrol nafsu makan.

Harga madu pun tidaklah murah. Banyaknya permintaan madu dan juga harga yang mahal membuat para pedagang nakal mencoba mencari keuntungan dengan membuat madu palsu. Mereka mencampur madu asli dengan bahan-bahan seperti sirup, gula bahkan pemanis buatan. Ini dia ciri-ciri madu palsu:

1. Mudah diserap

Coba teteskan madu di atas permukaan kertas. Madu palsu akan terserap dengan mudah karena kandungannya terdiri dari banyak air. Kandungan madu bisa saja hanya beberapa persen saja.

2. Dikocok

Saat madu asli dikocok biasanya akan terbentuk gas atau uap air namun sebaliknya, madu palsu tidak akan membentuk uap air/gas. Saat membeli ini adalah cara yang paling efektif untuk melihat apakah madu ini palus atau asli.

3. Dicampur telur ayam atau bebek

Cara yang ketiga adalah dengan mencampur telur ayam atau bebek. Madu asli yang dicampur telur akakan membentuk gumpalan sedangkan rasa telur akan berubah seperti telah digoreng. Pada madu palsu tidak akan terjadi perubahan.

4. Dituang dalam air

Ambil setetes madu dan masukkan dalam air. Madu asli yang diteteskan dalam air akan langsung tenggelam namun madu palsu akan menyebar karena banyaknya kandungan air di dalamnya.

5. Berbau gosong

Madu asli yang dipanaskan akan menimbulkan bau gosong. Tidak perlu terlalu lama bau itu akan muncul sebaliknya madu palsu tidak akan berbau gosong.

6. Berdesis

Apabila tutup botol madu dibuka dan terdengar bunyi berdesis seperti soda, maka bisa dipastikan madu itu telah rusak. Di dalamnya telah mengandung alkohol dan terfermentasi. Pada saat dikonsumsi biasanya terasa panas ditenggorokan, berubah menjadi lebih asam dan lebih encer.

7. Berbuih banyak

Madu yang memiliki buih banyak bisa dipastikan telah terfermentasi dan sudah seharusnya dibuang karena khasiatnya sudah berbeda dengan madu asli yang masih bagus.

Itu dia ciri-ciri madu palsu yang bisa kamu lihat saat membeli madu di sebuah toko. Jangan sampai tergiur dengan harga hingga akhirnya malah membeli madu palsu yang khasiatnya jauh dibanding dengan madu asli.

Comment di sini