CiriCara: Ciri-ciri Terkena Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal adalah limbah dari darah yang disaring oleh ginjal. Limbah yang dikeluarkan biasanya berupa urin namun ada juga garam dan mineral lain yang tetap lengket dan akhirnya membentuk batu ginjal yang kecil. Batu ginjal memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari yang paling kecil seukuran gula pasir hingga sebuah bola ping pong.

Seringnya batu ginjal tidak menimbulkan gejala apapun sehingga jarang ada orang yang menyadari bahwa dia memiliki batu ginjal hingga merasakan sakit. Rasa sakit ini muncul ketika batu ginjal terdorong menuju ke saluran ureter melalui saluran kecil ke kandung kemih. Pada saat seperti inilah biasanya baru disadari adanya batu ginjal. Untuk lebih jelasnya, simak gejala batu ginjal berikut ini:

1. Tanpa gejala

Pada gejala awal saat batu ginjal masih berada di ginjal, tidak akan ada gejala yang dirasa. Apalagi jika batu masih berukuran sangat kecil.

2. Rasa sakit muncul tiba-tiba

Batu bisa menimbulkan sakit yang parah di bagian belakang atau punggung, samping, perut, daerah selangkangan dan organ genital. Mereka yang merasakan sakit seperti ini biasanya menggambarkan rasa sakit itu seperti rasa sakit paling hebat yang pernah mereka rasakan.

3. Muntah

Perut terasa tidak nyaman seperti mual yang akhirnya membuat penderita muntah-muntah.

4. Hematuria

Hematuria atau adanya darah dalam urin adalah gejala yang timbul ketika batu yang ada di ginjal telah terdorong menuju ke ureter sehingga darah yang bercampur dengan urin adalah akibat gesekan batu ginjal dengan dinding ureter.

5. Sering kencing dan terasa sakit

Sakit pada saat kencing belum tentu gejala sakit batu ginjal namun apabila frekuensinya sering maka kemungkinan terbesar itu adalah gejala batu ginjal. Batu ginjal telah sampai di ureter atau saluran kencing. Rasa sakit pun timbul karena adanya infeksi saluran kemih.

Itulah lima ciri-ciri orang yang terkena penyakit batu ginjal. Jangan sampai kamu merasakan rasa sakit terhebat yang pernah ada. Minum banyak air adalah salah satu cara untuk mencegah batu ginjal.


comments powered by Disqus

Leave a Reply