Fakta Seputar Kopi yang Tak Kamu Ketahui

by
June 22nd, 2012 at 9:03 am

Kopi ternyata menyimpan begitu banyak fakta dan sejarah yang menarik. Selain itu, minuman yang hampir setiap hari diminum oleh hampir semua orang ini juga menyimpan berbagai macam khasiat lho, mulai dari perawatan kulit, hingga bikin sehat! Berikut fakta dan sejarah menarik tentang kopi.

1. Kambing

Pada abad ke-9, seorang gembala kambing di Ethiophia bernama Kaldi menyadari efek kafein ketika kambingnya terlihat seperti menari setelah memakan buah kopi. Ia pun kemudian mencobanya.

2. Makanan

Dulu, kopi dikonsumsi dengan cara dimakan. Suku-suku di Afrika mencampur biji kopi dengan lemak bintang yang dibentuk seperti “bola energi” yang dapat dimakan.

3. Kebangkitan Islam

Kebangkitan Islam berperan besar dalam popularitas kopi. Karena minuman beralkohol dilarang, kopi menjadi minuman yang lebih dapat diterima.

4. Hawaii

Hawaii merupakan satu-satunya negara bagian di Amerika yang ditumbuhi kopi.

5. Pohon Kopi

Sesungguhnya, pohon kopi mampu tumbuh higga 10 meter. Namun, untuk mempermudah panen, pohon ini selalu dipotong di ketinggian 3 meter.

6. Perdagangan

Kopi merupakan komoditas yang paling banyak diperdagangkan kedua di dunia. Yang pertama, minyak.

7. Bahan bakar

Kopi bisa dijadikan sebagai bahan bakar. Sebuah mobil bernama Carpucino pergi sejauh 337 km dari Manchester ke London dengan bahan bakar kopi.

8. George Washington penemu kopi instan

Bukan George Washington yang menemukan Amerika, tapi seorang pria bernama George Washington, orang Belgia yang tinggal di Guatemala. Ia merupakan orang yang menemukan kopi instan pada 1906.

9. 500 Miliar Gelas

Setiap tahunnya, semua orang di dunia mengonsumsi kopi lebih dari 500 miliar gelas.

10. Kafein

Biji kopi yang berwarna lebih cerah memiliki kadar kafein lebih tinggi dibanding biji kopi berwarna gelap.

Comment di sini