Gugat Malaysia, Indonesia Siapkan Pengacara Internasional

by
June 22nd, 2012 at 12:04 pm

Tari Tor-tor dari Sumatera Utara

Surat keterangan tertulis yang dijanjikan Negeri Jiran tak kunjung tiba, karena itu pemerintah kini menyiapkan pengacara untuk memperkarakan mereka. Keterangan ini disampaikan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti.

Wamendikbud bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti yang juga merupakan Guru Besar di Universitas Gajah Mada tersebut mengatakan bahwa pemerintah Malaysia mengingkari janji mereka. Terkait polemik klaim Tari Tor-tor dan Gordang Sambilan, pemerintah Malaysia telah berjanji untuk memberikan keterangan tertulis hari Rabu (20/6) lalu. Namun, setelah ditunggu dua hari ditunggu mereka belum memberi klarifikasi.

“Dua hari ini boleh terlambat. Tapi besok (hari ini, red) kita tagih secara tegas,” ucapnya seperti dikutip dari Jawa Pos.

Siang ini, Wamendikbud akan menggelar rapat yang juga akan diikuti Kementerian Luar Negeri. Rapat nanti akan menentukan sikap pemerintah terhadap Malaysia terkait klaim Malaysia terhadap Tari Tor-tor dan Gordang Sambilan. Wiendu juga mengatakan bahwa jika sebelum rapat hari ini Malaysia belum juga melayangkan keterangan tertulisnya, maka rapat tersebut akan memutuskan perihal penunjukkan pengacara internasional guna memperkarakan Malaysia.

Wiendu menuturkan, sesungguhnya tidak masalah jika Malaysia menampilkan dua kesenian tadi, namun hanya sekedar menampilkan. Malaysia seharusnya tetap mengakui bahwa kedua tarian itu merupakan warisan budaya asli Indonesia. Ia menerangkan bahwa keputusan Malaysia untuk mencatat kedua warisan budaya Indonesia tersebut ke dalam daftar Warisan Kebudayaan Malaysia–meskipun tidak dicatatkan di UNESCO– sudah setara dengan mengklaim.

Di Indonesia, ada kesenian Barongsai yang berasal dari Tiongkok. Warga Indonesia keturunan Tiongkok bebas untuk melestarikan tradisi dan kesenian mereka di sini. Tetapi, Indonesia tidak mengklaim bahwa barongsai merupakan warisan budaya Indonesia. Malaysia seharusnya bisa melakukan hal yang sama terhadap Tari Tor-tor dan Gordang Sambilan.

Comment di sini