Inilah 10 Negara Paling Bahagia Tahun 2012

by
June 22nd, 2012 at 1:49 pm

Pada April 2012 yang lalu, PBB merilis laporan yang memuat negara-negara bahagia di dunia. Negara yang bahagia dinilai dari pendapatan rata-rata dan produk nasional bruto. Tetapi New Economics Foundation (NEF) memiliki cara lain untuk menilai negara bahagia.

Untuk menentukan peringkat, NEF mengalikan ekspetasi hidup warga negara dengan sesuatu yang disebut “Kesejahteraan yang Dialami”, yang menentukan kualitas hidup dari skala 0-10. Hasil pengalian itu kemudian dibagi “Jejak Kaki Ekologis”, ukuran per kapita dari jumlah lahan yang diperlukan untuk mempertahankan pola konsumsi sebuah negara.

Berikut ini CiriCara hadirkan 10 daftar wilayah dengan penduduk paling bahagia atau sejahtera karena lingkungan di negara mereka, berdasarkan hasil survei yang diadakan oleh NEF.

1. Kosta Rika

Kosta Rika merupakan negara bagian yang kecil dan terletak di Amerika bagian tengah tapi menempati posisi tertinggi sebagai negara dengan tingkat kebahagiaan penduduk paling tinggi.

2. Vietnam

HOANG DINH NAM/AFP/GettyImages

Vietnam menjadi satu-satunya negara Asia yang masuk ke daftar 10 teratas ini. Vietnam menduduki posisi kedua dalam survei negara dengan penduduk paling bahagia dan sejahtera.

3. Kolombia

AP Photo/Fernando Vergara

Negara yang terkenal dengan festival perang tomatnya ini menempati urutan ketiga dalam survei yang diadakan NEF. Kalau di Spanyol terkenal dengan festival unik menyiram air anggur, di Kolombia terdapat festival tahunan lempar tomat yang dikenal dengan sebutan Tomatina. Festival ini biasanya diadakan di tenggara kota Bogota, Kolombia.

4. Belize

Chris Jackson/Getty Images

Negara ini berada di timur Amerika Tengah. Keunikan budayanya yang terkenal ialah Tari Rusa atau Deer Dancer. Para penari menari dengan menggunakan kostum yang unik dan Belize mampu duduk pada urutan keempat sebagai negara dengan penduduk paling bahagia.

5. El Salvador

Petani-petani di negara ini terlihat begitu tekun menggarap ladangnya yang terletak di bawah kaki gunung berapi (Volcanoes National Park) di sebelah Barat San Salvador. Kesejahteraan perekonomian warga El Salvador membuatnya unggul 1 peringkat dari Jamaika.

6. Jamaika

Negara ini merupakan negara produsen biskuit terbesar di dunia. Negara yang juga berada di pesisir pantai timur Amerika Serikat ini memiliki mayoritas penduduk berkulit hitam (Afrika-Amerika). Pantainya yang indah dapat dijadikan sebagai mata pencaharian bagi warga di sekitarnya.

7. Panama

Trip Advisor

Panama terletak di benua Amerika bagian tengah. Karena letaknya yang berbatasan dengan Laut Karibia dan Samudera Pasifik,  negara ini dikelilingi oleh pantai yang indah.

8. Nikaragua

Cesar Quiroz/AFP/GettyImages

Negara yang juga terletak di Amerika bagian Tengah dan berbatasan dengan Honduras ini sempat menjadi tujuan kunjungan Direktur Badan Makanan Dunia (United Nation World Food Programme).

9. Venezuela

Presiden Hugo Chavez harus bekerja keras untuk memperhatikan perekonomian negaranya agar penduduknya sejahtera. Dan beliau berhasil mendudukkan negaranya sebagai negara paling bahagia ke-9 di daftar ini.

10. Guatemala

Guatemala yang sebagian besar penduduknya masih keturunan suku Maya ini menempati posisi terakhir dalam survei ini karena perekonomiannya yang masih minim membuat kesejahteraan penduduknya sangat kurang jika dibandingkan dengan negara bagian lainnya.

Itulah deretan 10 negara yang berhasil disurvei oleh NEF berdasarkan tingkat kesejahteraan ekonomi penduduknya yang sebagian besar dikuasai oleh negara bagian di Amerika Tengah.

Huffington post

Comment di sini