Kutu Kecil Sebabkan Alergi Daging Pada Manusia

by
June 22nd, 2012 at 11:43 am

Pernahkan kamu ingin mencoba untuk berhenti makan daging? Atau ingin menjadi seorang vegetarian namun susah untuk melakukannya? Bagi kamu yang sangat senang makan daging dan kurang menyukai sayur, berhati-hatilah pada kutu kecil ini. Kamu terancam menjadi seorang vegetarian karena gigitannya.

Ditemukan di Pantai Timur Amerika Serikat dekat dengan samudera Atlantik, sebuah kutu yang dijuluki sebagai Lone Star Tick dapat menyebabkan alergi daging. Jadi jika seseorang terkena gigitannya, mereka akan mengalami reaksi yang tidak biasa seperti orang yang alergi terhadap makanan laut (seafood) misalnya.

Dr. Scott Commins dari Universitas Virginia mengatakan bahwa orang yang awalnya tidak memiliki alergi pada daging, akan mengalami alergi seperti gatal-gatal ataupun kejang otot setelah 3 atau 6 jam dari waktu terakhir mengonsumsi daging, jika sebelumnya orang tersebut sudah terkena gigitan kutu kecil ini sehingga air liurnya masuk ke dalam kulit manusia.

Wabah ini sudah menyebar di sepanjang Pantai Timur Amerika Serikat. Dari 90% kesaksian para penderitanya, sebelum mengalami hal ini mereka terkena gigitan seekor kutu.

Dr. Scott menambahkan bahwa para peneliti terus meneliti hubungan antara alergi daging dan gigitan kutu tersebut, serta berusaha menemukan obat penawar untuk racun gigitan kutu ini.

Menurut Dr. Scott, alergi merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap zat-zat dari luar tubuh. Ketika ada zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh mulai menyerangnya untuk melindungi tubuh manusia, tetapi ini justru malah memicu reaksi yang seringkali menyebabkan gatal-gatal, mata bengkak, kulit memerah, dan gejala alergi  lainnya. Itulah sebabnya banyak orang yang mengalami alergi aneh seperti alergi terhadap selai kacang, telur, dll.

Jadi, gigitan kutu kecil ini pun meninggalkan zat melalui air liur yang tertinggal pada tubuh manusia sehingga memicu reaksi dari kekebalan tubuh kita yang berujung pada reaksi alergi setelah 6 jam dari waktu si korban mengonsumsi daging.

Alergi ini akan menyebabkan si korban berhenti makan daging agar tidak timbul gatal-gatal yang menyiksa, sehingga secara tidak langsung orang ini akan beralih pada sayuran.

Yahoo News

Comment di sini