Peneliti Temukan Letak Cinta dan Nafsu di Otak Manusia

by
June 22nd, 2012 at 10:04 am

Sebuah penelitian dilangsungkan untuk menemukan di manakah letak cinta dan nafsu manusia dengan cara  memetakan otak . Ya, lewat otak, karena memang letak cinta manusia tidak berada di hati.

Penelitian internasional yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine adalah penelitian pertama yang berhasil menemukan fakta ini. Para peneliti sukses menemukan peta yang menghubungkan cinta dan hasrat seksual, dua hal yang disebut-sebut saling berhubungan, lewat pemetaan otak.

Jim Pfaus, Profesor Psikologi dari Concordia University, mengatakan bahwa tidak ada yang pernah mengelaborasikan cinta dan nafsu untuk mengetahui pola pengaktifan keduanya di dalam otak.  Ia juga mengatakan bahwa dua hal itu bisa berakhir menjadi sesuatu yang berbeda. Aktivasi cinta dan nafsu memang berbeda namun saling berhubungan di dalam area otak.

Para peneliti yang terdiri dari ilmuwan Amerika Serikat dan Swiss menemukan dua struktur otak yang bertanggung jawab untuk melacak progresi nafsu dan cinta. Dua struktur itu adalah insula dan striatum.

Nafsu dan cinta aktif di area striatum yang berbeda. Nafsu dipicu oleh kepuasan seperti makanan atau seks, dan ini berbeda dengan cinta.

Area aktivasi cinta melibatkan proses kreasi suatu kondisi yang masih berhubungan dengan kesenangan atau hadiah sebagai nilai yang dikandung di dalamnya. Hal inilah yang akhirnya membuat perasaan ketertarikan seksual dapat menjadi cinta. Dua hal ini di proses di tempat yang berbeda.

Pfaus mengatakan bahwa cara kerja otak tentang cinta sama dengan otak orang yang kecanduan obat terlarang. Cinta adalah kebiasaan yang terbangun dari hasrat seksual yang merangkap sebagai hadiahnya.

Comment di sini