Ternyata Pencipta Fokker Kelahiran Blitar

by
June 22nd, 2012 at 9:22 am

Detik

Seperti yang sudah diketahui Pesawat Fokker-27 milik TNI AU jatuh di Kompleks Rajawali, Jl Branjangan, Jakarta Timur, Kamis (21/6/2012) pukul 14.45 WIB. Pesawat ini ketahui sudah berumur sangat tua. Lalu siapa pencipta pesawat perang jenis Fokker ini?

Seperti dikutip dari Tempo, pesawat Fokker diciptakan oleh Anthony Fokker, warga negara Belanda. Ia bernama lengkap Anton Herman Gerard Fokker. Meski dia adalah warga Belanda, ia lahir di Blitar, Jawa Timur, Indonesia, pada 6 April 1890.

Anthony Fokker lahir dari pasangan pemilik kebun kopi, Herman Fokker dan Jihanna Hugonia Wouterina Wilhelmina Diemont. Pada saat ia berusia 4 tahun, keluarganya pindah ke Belanda dan tinggal di kota Haarlem.

Pada tahun 1910, Herman Fokker mengirim Anthony Fokker ke Jerman untuk mengambil pendidikan tentang teknik mesin mobil di Sekolah Teknik Bingen. Namun, karena Anthony Fokker lebih tertarik dengan pesawat terbang ia pun pindah sekolah.

Anthony Fokker memutuskan pindah ke Sekolah Erste deutsche Automobil-Fachschule di Mainz, Jerman. Ia pun berhasil menciptakan sebuah pesawat yang diberi nama de Spin atau the Spider (si Laba-laba) pada Desember 1910.

Namun sayang, pada akhir Desember 1910, pesawat de Spin hancur saat diterbangkan rekan bisnisnya yang menabrak pohon. Hingga akhirnya Anthony Fokker memutuskan untuk mendapatkan surat izin pilot untuk mengendari pesawatnya sendiri.

Ia pun berhasil menciptakan pesawat kedua yakni Spin II. Kali ini Anthony Fokker menerbangkannya sendiri. Namun sayang pada Mei 1911, pesawat Spin II juga hancur karena jatuh.

Anthony Fokker mendadak terkenal di Belanda setelah ia berhasil menciptakan Spin versi ketiga. Ia berhasil menunjukkan ketangguhan Spin III dengan menerbangi menara Sint-Bavokerk di Haarlem, Belanda, 31 Agustus 1911. Bahkan Spin versi III ini pun dibeli oleh Jerman pada 1913.

Pada 1912, Anthony Fokker kembali pindah ke Johannisthal, dekat Berlin, Jerman. Di sana ia berhasil mendirikan sebuah perusahaan pesawat yang bernama Fokker Aeroplanbau. Sejak itu berbagai jenis pesawat berhasil ia ciptakan.

Hingga pada Perang Duni I, Pemerintah Jerman mengambil alih pabrik Fokker. Sejak itu, Anthony Fokker mulai merancang pesawat tempur untuk Angkatan Udara Jerman. Sekitar 700 pesawat berhasil dibuat untuk Jerman di Perang Dunia I. Kemampuan menerbangkan pesawat Fokker sering digunakan untuk melakukan demonstrasi kepada para pasukan perang Jerman.

Anthony Fokker kemudian memutuskan untuk kembali ke Belanda setelah Perang Dunia I selesai. Ia membangun sebuah perusahaan penerbangan, Duth Aircraft Factory (sekarang Fokker Aircraft Company). Kali ini Fokker berhasil menciptakan pesawat untuk masyarakat sipil dengan memanfaatkan suku cadang dari Jerman.

Pada 1922 Fokker pindah ke Amerika serikat dan menjadi warga negara Amerika Serikat. Fokker meninggal pada usia 49 tahun atau pada tahun 1939.

Comment di sini