CiriCara: 10 Cara Unik Agar Tak Gampang Lupa (Part I)

by
June 23rd, 2012 at 12:00 pm

Sering kali lupa meletakkan barang-barang bisa menjadi masalah bagi siapa saja. Jangan sampai kebiasaan lupa akan sesuatu membawa bencana seperti lupa mematikan kompor dan mengunci pintu. Rumah bisa meledak dan maling bisa masuk dengan leluasa ke rumah kamu.

Gunakan 10 cara berikut ini agar menjadi tak gampang lupa:

1. Makan ikan

Otak kita juga membutuhkan nutrisi, mengonsumsi ikan yang banyak mengandung Omega-3 sangat baik bagi otak. Zat ini akan membantu kamu agar dapat berkonsentrasi lebih baik.

2. Gambar

Cara orang mengingat biasanya dengan menggunakan gambar contohnya seperti mengingat nama dengan mengenali wajahnya. Gunakan gambar saat akan mengingat sesuatu.

3. Rutin

Ingatan akan menjadi lebih baik apabila dihubungkan dengan rutinitas yang membosankan. Jika kamu meletakkan barang yang sama di tempat yang sama, kamu akan mulai terbiasa akan hal itu. Kamu juga bisa membuat daftar apa saja yang harus dibawa saat akan pergi dengan mengikuti daftar itu, lama kelamaan kamu akan terbiasa meskipun tidak membawa daftar itu lagi.

4. Memadatkan hafalan

Saat kamu akan menghafalkan nomor telepon atau pin, kamu bisa membuatnya jadi lebih mudah dengan memenggal-menggal nomornya. Pisahkan nomornya jadi dua-dua saat kamu menyebutkannya. Dengan cara begitu, otak akan menjadi lebih mudah menerima informasi.

5. Beri jeda saat belajar

Mempelajari bahasa asing memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Saat belajar jangan hanya mengulang satu kata terus-menerus namun ulangi beberapa kali dan lanjutkan lagi, lalu kembali lagi nanti setelah beberapa lama seperti itulah saran dari dr. Chris Moulin dari Leeds Memory Group.

6. Buat jadi lebih memiliki arti

Menghafalkan angka atau fakta memang bukan sesuatu yang mudah namun kamu bisa mencoba mengingat angka yang panjang saat menempelkan arti yang penting seperti nomor rekening dengan celana jins favorit misalnya jika memang pas.

7. Petunjuk

Bila kamu melupakan kegiatan teratur kamu yang dilakukan pada jam tertentu setiap hari, kamu bisa menggunakan petunjuk seperti menggunakan film yang tayang pada jam itu sebagai tanda bahwa ini adalah waktu kamu melakukan hal lain.

8. Gunakan metode kamar Roma

Metode ini membantu mengingatkan serangkaian informasi dengan cara memvisualisasikannya ke dalam suatu lokasi. Kamu bisa menggunakan tempat yang telah kamu kenal kemudian lakukan perjalanan pikiran melewati kamar-kamar dalam tatanan beraturan sambil meletakkan daftar informasi satu per satu. Saat kamu berusaha menghafalkan nama-nama menteri misalnya, kamu bisa membayangkan melihat Dahlan Iskan di dapur, Nafsiah Mboi di kamar dan lain sebagainya.

9. Membuat jadi lebih pribadi

Kamu bisa menggunakan momen pribadi atau spesial kamu untuk menandai suatu angka atau fakta. Contohnya ada demo BBM besar-besaran di tahun 2012, atau kamu baru saja putus dengan pacarmu di tahun 2011. Dengan begitu akan jadi lebih gampang dihafal.

10. Menghafal frasa aneh

Menggunakan frasa untuk mengingat suatu hal seperti frase “mejikuhibiniu” untuk mengingat warna-warna pelangi. Semakin aneh frasa yang digunakan, semakin baik.

Sepuluh cara di atas akan membantu kamu memiliki daya ingat yang lebih baik. Dengan menerapkan 10 cara itu dijamin kamu tidak akan jadi pelupa lagi, paling tidak sudah berkurang.

Comment di sini