CiriCara: Cara Menjadi Kreatif

by
June 23rd, 2012 at 11:21 am

Pernahkah kamu merasa kalau kamu adalah orang yang paling tidak kreatif di antara anggota keluarga dan teman-teman yang lain? Kamu tidak tahu bagaimana caranya agar memiliki ide kreatif untuk pekerjaan ataupun tugas-tugasmu?

Kini CiriCara merangkum beberapa cara untuk memunculkan sisi kreatif dalam diri kamu.

1. Bertanyalah dengan menggunakan “mengapa”

Jika kamu menemui sebuah halangan dan permasalahan, coba tanyakan pada diri sendiri mengapa hal itu terjadi. Jika alasannya sudah muncul, tanyakan lagi “mengapa” alasan tersebut bisa terjadi. Ulanglah pertanyaan “mengapa” sampai paling tidak 5x agar pokok permasalahan yang sebenarnya terungkap.

2. Pikirkan hal yang luar biasa

Kita sudah sering mendengar istilah Think Out of The Box, bukan? Hal ini sama seperti mengajak kita untuk memikirkan hal-hal luar biasa yang biasanya jarang terpikir oleh orang banyak. Cara untuk melakukannya hanyalah dengan meluaskan sudut pandang kamu. Jangan hanya terfokus pada apa yang sedang kamu hadapi, coba pikirkan hal luar biasa yang mungkin saja terjadi.

3. Miliki rasa ingin tahu

Rasa ingin tahu yang tinggi akan memicu kerja otak lebih cepat karena rasa ingin tahu itu diawali dengan munculnya beberapa pertanyaan aneh dalam otak kita. Kemudian, secara otomatis kita akan mencari tahu jawaban-jawaban untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Hal ini dapat ditopang dengan rajinnya membuka kamus setiap kali menemukan kata baru, atau membaca-baca artikel online, dan menyimak berita terkini. Dengan melakukan hal-hal tersebut, otak kamu akan terpicu untuk berpikir kreatif diiringi dengan luasnya pergaulan dan wawasan kamu.

4. Munculkan jiwa seni

Setiap individu pasti memiliki jiwa seni walaupun hanya sedikit. Yang membedakan seniman dengan orang biasa adalah para seniman itu tahu bagaimana cara mengembangkan jiwa seni yang terpendam dalam diri mereka, sedangkan orang biasa tidak dapat mengasahnya sehingga mereka menyebut dirinya tidak memiliki jiwa seni. Kamu dapat coba untuk sedikit menonjolkan jiwa senimu dengan menyaksikan pameran lukisan, pagelaran seni atau melihat benda-benda seni. Dengan demikian, otak kamu akan terpicu untuk menghasilkan ide-ide baru.

5. Membuat karangan

Dengan menuangkan permasalahan kamu dalam karangan maupun gambar, itu sudah menunjukkan kamu kreatif. Dengan membuat karangan kamu akan berandai-andai mencari perumpamaan yang sesuai dengan persoalan kamu dan dapat diterima oleh orang lain ketika membaca cerita kamu.

Jadi, menjadi orang yang kreatif bukanlah perkara yang sulit, kan? Kamu hanya cukup mencoba cara-cara yang sudah dijabarkan di atas. Ingatlah bahwa kreativitas itu sebenarnya sudah ada dalam diri kamu, tinggal bagaimana kamu memunculkannya dalam kehidupan nyata.

Comment di sini