CiriCara: Cara Merias Wajah Bagi Pemula

by
June 23rd, 2012 at 11:00 am

Wanita tidak pernah luput dari masalah dalam merias wajah. Makeup menjadi pelengkap keseharian mayoritas wanita. Bagi kamu yang baru saja beranjak dewasa dan masih bingung untuk menggunakan alat rias yang tidak terlalu tebal tapi dapat mempertegas garis wajahmu, berikut ini ada beberapa cara untuk memulai makeup pertama kali.

Pertama-tama, perlu kamu ketahui bahwa untuk mendapatkan hasil riasan yang maksimal, kamu harus mengenali bagian wajah yang menjadi daya tarik atau kelebihan pada diri kamu. Kemudian, kenalilah alat-alat rias yang biasa digunakan oleh orang lain.

Setelah itu, simak langkah-langkah dalam memoles wajah sesuai urutan di bawah ini baik-baik:

1. Concealer

Concealer sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki noda hitam tak terhindari pada wajah dan sangat mengganggu. Gunakanlah concealer terlebih dahulu pada bagian hitam di wajah kamu. Setelah concealer itu dioleskan, barulah gunakan foundation.

2. Foundation

Guna foundation adalah sebagai alas untuk bedak wajah yang digunakan dapat melekat dan tidak cepat pudar. Warna foundation yang kamu pilih menentukan warna wajah kamu. Jadi sebaiknya gunakanlah foundation yang berwarna senada dengan kulit kamu. Tips tambahan: pastikan foundation yang kamu pakai merata ke seluruh bagian wajah dan leher kamu. Jika tidak merata, maka bedak wajah kamu pun tidak akan rata.

3. Bedak wajah

Setelah foundation yang kamu gunakan telah merata ke seluruh wajah dan leher, barulah beri bedak wajah yang biasanya berwarna agak kecokelatan seperti warna kulit. Ratakan bedak dengan kuas atau sponge untuk wajah. Jangan gunakan bedak terlalu tebal jika tidak ingin terlihat menor, karena foundation yang mengalasi bedak sudah merekatkan bedak pada kulit wajah kamu, jadi tidak perlu lagi memakainya banyak-banyak.

4. Blush on (Pemerah pipi)

Karena namanya pemerah pipi, tentunya pilihan warna mayoritas untuk blush on adalah warna merah, merah muda, ataupun jingga. Kamu bisa pilih sesuai yang diinginkan. Hati-hati dalam menggunakan pemerah pipi ini sebab jika terlalu merah maka pipi kamu akan tampak seperti tomat (bulat dan merah). Sebaiknya gunakan secara samar-samar asalkan bentuk tulang pipimu sudah terlihat.

5. Eyeliner

Eyeliner atau sering disebut dengan pensil mata ini gunanya untuk mempertegas bentuk mata kamu dengan menabahkan garis pada lekukan bagian dalam mata bawah dan mata atas. Ada beberapa pilihan warna untuk eyeliner ini, tapi pada umumnya, orang menggunakan eye liner yang berwarna gelap seperti hitam ataupun cokelat gelap.

6. Eyeshadow

Penggunaan eyeshadow di bagian luar kelopak mata hingga membentuk bulatan bola mata. Sebagai pemula, jangan gunakan eyeshadow terlalu tebal dan pilihlah warna yang tidak terlalu mencolok.

7. Maskara

Sebelum menggunakan maskara, kamu bisa menjepit alis dengan penjepit alis agar mendapatkan hasil yang maksimal. Gunakan maskara pada bulu mata yang sudah dijepit, namun, jangan terlalu tebal karena maskara akan membuat bulu mata kamu terasa kaku bila sudah mengering.

8. Lipstik

Langkah terakhir yang harus digunakan adalah lipstik. Fungsinya untuk mempertegas bibir kamu serta menambah warna cerah pada bibir. Penggunaan lipstik dapat disesuaikan. Jika warna yang kamu pilih adalah warna terang maka hindarilah penggunaan yang terlalu tebal, tapi kalau lipstik yang kamu pilih berwarna lembut, kamu boleh memakainya sedikit agak tebal.

Ini adalah beberapa cara dandan yang dapat dipraktikkan oleh pemula. Berhubung cara-cara di atas untuk para pemula, maka CiriCara tidak menyarankan penggunaan alat rias yang tebal dan mencolok.