CiriCara: Ciri-ciri Pemakai Narkoba

by
June 23rd, 2012 at 12:00 pm

Narkoba bisa menjerat siapa saja, terutama anak muda. Banyak yang beranggapan bahwa mereka yang bermasalah saja yang bisa menjadi korban narkoba padahal banyak juga yang baik-baik saja namun pengguna bahkan telah menjadi pecandu.

Siapapun bisa menjadi korban narkoba. Ada baiknya bila kamu menjadi lebih peka dengan perubahan-perubahan yang ada pada mereka. Dengan begitu mereka dapat ditolong sebelum terjerumus terlalu dalam. Ini dia ciri-ciri pecandu narkoba:

1. Perubahan perilaku

Perubahan sikap atau perilaku adalah yang paling bisa dilihat walaupun tidak semua perubahan perilaku merujuk pada penggunaan narkoba namun coba perhatikan apabila seseorang yang periang berubah menjadi lebih pemurung, sensitif, dan pemarah. Atau sebaliknya mereka yang pendiam menjadi lebih ceria, mudah tertawa.

2. Sering mengantuk

Dia selalu terlihat mengantuk dan sering menguap, berubah menjadi pemalas dan suka melamun. Para calon pecandu ini biasanya mulai cuek dengan jarang mandi dan tidak mempedulikan penampilan. Namun, pada saat yang berbeda dia bisa berubah menjadi seseorang yang sangat berenergi dan rajin sekali. Perubahan ini karena dia memakai zat tertentu yang membuat dia lebih bersemangat.

3. Sering bolos

Apabila dia adalah anak sekolah, biasanya dia malas dan suka bolos sekolah. Ia juga jarang berada di rumah dan sering menghindari acara yang dibuat keluarga atau teman-temannya.

4. Prestasi menurun

Ciri yang ini masih berhubungan dengan sering bolos, mengantuk, dan melamun. Prestasi akan menurun drastis karena sering absen mengikuti pelajaran di sekolah.

5. Tidak suka bergaul

Mereka cenderung menghindari teman-teman dan lebih memilih untuk mengurung diri di kamar atau sendirian. Para pecandu ini tidak ingin terlihat oleh orang-orang.

6. Pergaulan yang berubah

Para pecandu hanya akan nyaman dengan mereka yang sama-sama pecandu dan ini adalah hal yang umum. Bila teman kamu seorang pecandu, mereka akan menjauhi teman-teman lamanya.

7. Suka mencuri

Kecanduan membutuhkan uang yang lumayan banyak untuk memuaskan hasrat mereka. Ini berarti uang saku harian atau bulanan mereka tidak akan cukup apalagi harga narkoba yang lumayan mahal.

8. Stres

Seseorang yang kecanduan narkoba mulai sering merasa gelisah dan susah tidur. Mereka juga menjadi mudah curiga dan sering mencemaskan sesuatu.

9. Pikun

Narkoba juga menyebabkan kerusakan pada otak sehingga mereka menjadi cepat lupa bahkan untuk hal yang sangat penting. Mereka jadi linglung, bego dan seperti orang yang sedang kebingungan.

10. Mata merah

Mereka menjadi sering memakai kacamata hitam namun bukan karena gaya atau supaya terlihat misterius, para pecandu ini akan berusaha menutupi mata merah mereka yang seperti orang mengantuk.

Apabila kamu menemui 10 tanda di atas pada saudara atau teman kamu sebaiknya kamu mulai curiga. Jangan sampai terlambat menyelamatkan teman atau saudara kamu sebelum mereka menjadi korban narkoba.

Comment di sini