Euro 2012: Fakta Seputar Prancis dan Spanyol

by
June 23rd, 2012 at 2:51 pm

Pertandingan babak perempat final menjadi pertarungan yang sengit, setelah Jerman berjaya atas Yunani (4-2) pada sabtu dini hari. Pertandingan berikutnya akan membuat babak perempat final ini semakin membara dengan bertemunya tim Matador (Spanyol) dan tim Ayam Jantan (Prancis), Minggu dini hari nanti.

Kali ini CiriCara akan mengungkap fakta tentang kedua kesebelasan yang akan bertarung dalam panggung Piala Eropa 2012 ini.

Menurut sejarah yang telah diukir oleh kedua tim, Spanyol memang belum pernah mengalahkan Prancis secara langsung. Sejarah mencatat kedua tim ini terakhir berlaga bersama dalam pertandingan enam-belas besar dalam ajang Piala Dunia 2006. Saat itu, Prancis berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor akhir 3-1.

Sejarah Piala Eropa sendiri mencatat bahwa dalam 5 kali pertandingan antara Prancis dan Spanyol, keempat pertandingan tersebut dimenangkan oleh Prancis sedangkan 1 pertandingan sisanya ditahan imbang oleh Prancis.

Meskipun demikian, Spanyol sempat membalik keadaan pada Piala Eropa 2008 lalu dengan keluar sebagai pemenang sambil memegang piala kemenangan, sedangkan Prancis harus tersingkir di babak penyisihan grup. Begitu pula, pada Piala Dunia 2010, Prancis yang dulu masih diasuh oleh Raymond Domenech, harus terima kekalahan yang memalukan dari Meksiko, yang memaksa tim “Les Bleus” ini mengangkat kopernya.

Tapi, tidak ada yang dapat menduga sejarah apa yang akan diukir oleh kedua tim ini pada Piala Eropa 2012. Segalanya masih mungkin berubah seiring oleh kemampuan kedua tim yang sama-sama meningkat. Anak asuhan Vicente Del Bosque akan berjuang mati-matian untuk mempertahankan gelar juara yang sudah diraihnya 2 tahun lalu itu. Sedangkan Prancis akan berjuang mendapatkan tiket semifinal.

Prancis dan Spanyol sama-sama tidak mau menganggap remeh kemampuan tim masing-masing. Spanyol bisa saja “menggila” pada laga dini hari nanti dengan pemain andalannya, Andres Iniesta. Iniesta merupakan pemain Spanyol yang perlu diwaspadai oleh Prancis karena dia adalah patokan ketangguhan tim Matador ini. Prancis juga bisa saja semakin “menjadi-jadi” dengan kekuatan timnya yang mengandalkan kekuatan pemain angkatan 87 yang sedang diberdayakannya pelatih Laurent Blanc pada Piala Eropa 2012 ini.

Itulah sekilas tentang fakta antar kedua tim yang akan berlaga di lapangan hijau Donbass Arena, Ukraina. Siapakah yang akan memperoleh tiket ke semifinal? Sanggupkah sang juara bertahan mempertahankan gelar dan pialanya? Saksikan pertandingannya Minggu, 01.45 WIB.

[colorvote id="3" style="wpcvp-poll"]
Comment di sini