Unik: Jalan Raya Terlebar Ada di Argentina (Foto)

by
June 23rd, 2012 at 4:11 pm

Amusing Planet

Bayangkan jika jalanan di Jakarta selebar ini, pasti kita tidak akan mengalami kemacetan seperti sekarang. Berita unik datang dari Argentina yang ternyata memiliki jalan raya terlebar di dunia. Negara yang terkenal dengan tarian tango-nya ini ternyata juga memiliki tata kota yang bagus.

Jalanan yang bernama 9 de Julio Aveneu berada di pusat kota Buenos Aires, Argentina. Jalanan ini terdiri dari 9 jalur yang lebar dengan lalu lintas yang saling berlawanan. Karena saking lebarnya, para pejalan kaki harus berjalan lebih cepat dan mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk menyeberang di jalan raya ini, sebelum lampu lalu lintas kembali berwarna hijau yang memperbolehkan mobil-mobil berjalan kembali. Jalanan 9 de Julio Avenue ini memiliki lebar yang mencapai 110 meter dengan panjang 1 km.

Amusing Planet

Jalanan ini menjadi sangat lebar karena mencakup berbagai macam jalur dari jalur masing-masing blok di seluruh kota tersebut. Terdapat 7 jalur pada setiap arah di jalan raya ini ditambah lagi dua jalur paralel pada masing-masing jalurnya, jadi total jalur pada jalanan ini adalah 9 jalur. Itulah sebabnya, jalan raya ini dinamai 9 de Julio Avenue.

Amusing Planet

Jalanan ini tampak bersih dan tidak gersang karena adanya pepohonan di kiri-kanan jalur. Tampak juga sebuah obeliks yang tegak berdiri pada tengah-tengah jalur 9 de Julio Avenue ini, dan ada pula patung Don Quixote di kantor Kedutaan Prancis untuk Argentina.

Amusing Planet

Pada mulanya, pembangunan jalanan ini sudah direncanakan sejak tahun 1888 dengan nama Ayohuma. Tapi pembangunan ini tidak berjalan mulus, justru malah mendapat tantangan dari berbagai pihak salah satunya negara Prancis yang enggan memberikan gedung kedutaannya untuk dibongkar pada waktu itu. Sehingga, baru pada tahun 1960, jalur utama selesai dibuat dan diresmikan. Sejak tahun itu hingga sekarang ini, jalan 9 de Julio Avenue mengalami perkembangan yang pesat hingga menjadi jalan raya terlebar di dunia.

Mungkin jalanan selebar ini dibutuhkan di Jakarta untuk menghindari kemacetan yang sudah menjadi santapan setiap harinya. Kendaraan bermotor di Jakarta semakin banyak sehingga jalan-jalan raya tidak sanggup menampung luapan kendaraan bermotor tersebut, maka Jakarta selalu macet. Pembuatan jalan seperti 9 de Julio Avenue, mungkin bisa diusulkan kepada calon Gurbernur Jakarta nantinya, untuk dijadikan sebagai alternatif mengatasi kemacetan di Jakarta ini.

Amusing Planet

Comment di sini