CiriCara: 10 Cara Agar Tak Gampang Lupa (Part II)

by
June 24th, 2012 at 10:00 am

Sudah membaca 10 cara agar tak gampang lupa bagian pertama kan? Kali ini adalah lanjutan dari cara agar tak gampang lupa. Di sini masih ada 10 cara ampuh yang akan membantu kamu mengingat berbagai hal yang sering kamu lupakan.

Ini dia kesepuluh caranya:

1. Mencatat

Cara ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membantu daya ingat kamu. Apabila kamu lupa kamu bisa membuka catatan yang berisi hal-hal yang kamu ingin hafal.

2. Melakukan aktivitas otak

Banyak beraktivitas seperti mengerjakan teka teki silang, mencoba resep yang baru dan juga membaca adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan agar otak jadi lebih terlatih lagi. Kegiatan apapun yang melibatkan konsentrasi dan otak bisa membantu menjaga bakat atau keahlian kamu sampai kakek nenek.

3. Menulis

Menulis berbeda dengan mengetik. Dengan menulis kamu jadi lebih bisa mencerna informasi walaupun awalnya akan terasa kikuk karena terlalu terbiasa mengetik, menulis dengan tangan bisa membuat otak memproses informasi lebih baik. Cara ini efektif bila kamu akan belajar hal baru.

4. Mengajar

Salah satu cara agar tetap ingat adalah dengan mengajarkan konsep baru pada orang lain. Kamu bisa memberikan les pada temanmu tentang hal yang kamu mengerti. Jangan ragu untuk berbagi ilmu.

5. Olahraga

Penelitian Cambridge University menemukan bahwa latihan aerobik yang teratur semacam jogging dapat membantu meningkatkan daya ingat dengan cara memacu pertumbuhan neuron baru di otak.

6. Mengulang

Apabila kamu ingin mengingat nama seseorang yang baru saja kamu kenal, kamu bisa menyebut nama mereka saat sedang berbicara. Dengan begitu kamu tidak akan mudah melupakan nama mereka.

7. Bermeditasi

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa pengobatan harian mempertebal bagian cerebral cortex yang bertanggung jawab membuat keputusan, daya ingat dan juga perhatian atau konsentrasi. Cobalah mengosongkan pikiran dan fokuslah pada sebuah gambar, suara atau napas kamu sendiri.

8. Menggunakan panca indera

Saat menghafal, menggunakan seluruh indera lebih baik dari pada hanya menggunakan sebagian saja. Hal ini akan membuat kamu menjadi lebih mudah menghafal sesuatu sebagai contoh, indera penciuman akan mengembalikan kenangan masa lalu.

9. Mengonsumsi Choline

Choline adalah jenis asam amino yang terdapat pada hati, ayam, kedelai, dan telur. Zat ini dapat menjaga otak dan juga meningkatkan daya ingat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang banyak mengonsumsi Choline dapat menyelesaikan tes daya ingat lebih baik dari pada mereka yang tidak. Makan juga sayur dan buah seperti tomat, ceri dan kacang.

10. Berpikiran positif

Ahli kesehatan Harvard berpendapat bahwa stereotipe negatif tentang penuaan malah akan membuat daya ingat menurun. Orang tua akan menghasilkan nilai yang buruk saat dihadapkan pada pernyataan pesimis usia dan kekuatan otak yang menurun. Lebih baik mengatakan agar mereka menjaga daya ingat mereka agar tetap kuat hingga kakek nenek.

10 cara di atasa mudah sekali untuk dilakukan. Jika ingin daya ingat tetap tajam, lakukan kesepuluh cara di atas.

Comment di sini