CiriCara: 10 Cara Ngadem di Mobil Tanpa AC

by
June 24th, 2012 at 10:30 am

Saat panas adalah saat yang paling tidak nyaman untuk duduk diam di dalam mobil sambil menunggu lalu lintas mulai bergerak. Walaupun tidak ada cara yang cepat untuk menghilangkan panas namun ada beberapa cara yang bisa mengurangi panas tanpa menggunakan AC.

Ini dia caranya:

1. Tanpa alas kaki

Tubuh mengeluarkan banyak panas melalui kaki sehingga mengemudi tanpa alas kaki akan terasa lebih dingin. Bisa juga menggunakan sandal jepit.

2. Basahi rambut

Rambut yang basah akan membuat kamu tetap dingin karena kulit kepala menjadi dingin, kelembaban dari rambut menguap sehingga suhu tubuh pun juga ikut turun.

3. Pakai es batu

Tambahkan es batu seberat 10 pon di lantai mobil di bawah lubang angin yang akan membuat isi mobil menjadi lebih dingin. Cara ini digunakan oleh penduduk Arizona dan difungsikan sebagai AC mobil di tahun 40-an dan 50-an. Untuk menghindari air yang bocor atau menetes, letakkan balok es di sebuah wadah plastik atau kaleng kemudian buka jendela sedikit. Ini akan membantu membuat aliran udara.

4. Bekukan sebotol air

Setelah beku kemudian bungkus botol dengan handuk dan letakkan di belakang leher kamu. Jika air dalam botol mencair, minum airnya agar suhu badan juga turun.

5. Rencana perjalanan

Buatlah waktu perjalananmu itu berada pada waktu yang paling dingin seperti pagi hari dan sore atau malam hari. Jika memang tidak ada jadwal tetap atau janji, berkendara di waktu-waktu ini tidak akan tersiksa dengan panas dari terik matahari.

6. Hindari jam-jam sibuk

Saat tidak ada hal yang mendesak, sebaiknya jangan berkendara di jam-jam seperti ini karena hanya akan menyiksamu dengan panas yang membara ditambah lagi harus bersabar di jalanan yang penuh. Cari alternatif jalan yang lain.

7. Jalanan penuh pohon

Jalanan yang dipenuhi pepohonan di kiri dan kanannya biasanya tidak terlalu panas karena bayangan pohon jatuh tepat di tengah jalanan sehingga mobil kamu pun terhindar dari sinar matahari terutama bila kamu berkendara ke arah utara atau selatan.

8. Hindari pakaian gelap

Pakaian gelap dapat menyerap panas dan itu pasti tidak akan nyaman. Sebaiknya gunakan pakaian yang lebih terang dan terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat.

9. Turunkan kaca jendela

Cara ini memang sudah terbukti ampuh. Angin dari jendela membuat udara di dalam mobil menjadi dingin walaupun suara bising dan bau yang tidak sedap juga ikut masuk ke dalam.

10. Pasang kaca film

Kamu bisa memasang kaca film yang bisa memantulkan bayangan orang seperti cermin. Lapisan ini membantu mengurangi sinar ultraviolet yang masuk dalam mobil dan juga melindungi lapisan vinil yang biasa di pasang di jok mobil tetap awet dan tidak pudar.

Kesepuluh cara itu bisa kamu terapkan saat kamu akan berkendara di luar rumah. Cara ini bisa jadi lebih ramah lingkungan dan hemat energi.

Comment di sini