Unik: Warna Mobil Menjadi Daya Tarik Burung Untuk Buang Kotoran (Video)

by
June 24th, 2012 at 2:28 pm

News Fix Now/Huffington Post

Kotoran burung yang sering mengotori kaca mobil atau bagian badan mobil, kadang membuat para pemiliknya merasa terganggu. Tidak jarang orang harus membersihkan mobilnya akibat kotoran burung yang mengotori mobil mereka. Kebanyakan dari mereka sampai harus memoles ulang cat mobilnya karena sering mengalami hal ini. Apakah Anda juga termasuk orang yang dibuat kesal oleh kebiasaan hewan aves ini?

Fakta baru mengungkapkan kalau warna mobil mempengaruhi ketertarikan burung untuk membuang kotoran di atasnya.

Mungkin Anda sedikit tidak percaya akan kebenaran ini, tapi survei yang dilakukan di Britania Raya membuktikan hal ini. Seperti yang dilaporkan oleh Independent Online, di 5 kota yang berbeda di Britania Raya, kira-kira 1100 mobil diamati selama 2 hari berturut-turut untuk mengetahui presentase mobil tersebut terkena kotoran burung.

Akhirnya survei ini menunjukkan bahwa sebagian besar burung lebih tertarik membuang kotorannya pada mobil yang berwarna merah. Sebanyak 14% menyukai warna biru untuk membuang kotorannya, dan sisanya ada yang membuang kotoran di atas mobil yang berwarna abu-abu, hijau, putih dan hitam.

Penyebab pasti terjadinya hal ini belum dapat diungkapkan oleh para peneliti. Namun, mereka sempat berpendapat bahwa sebagian besar burung tertarik pada warna merah karena warna merah yang terang pada mobil tampak seperti kaca yang dapat mencerminkan dirinya sendiri. Ketika burung melihat bayangan dirinya pada warna terang mobil tersebut, mereka menganggap bayangan itu sebagai musuhnya.

Pihak lain menyebutkan kalau warna merah dianggap sebagai tanda bahaya bagi para burung karena menyerupai bulu sesama burung. Burung-burung ini beranggapan kalau teman-temannya terkena bahaya.

Sedangkan beberapa orang berpendapat kalau semakin gelap warna mobil, maka burung tersebut akan sulit melihat bayangannya sehingga ketertarikannya berkurang pada mobil tersebut yang mengakibatkan burung itu tidak jadi membuang kotorannya.

Ternyata, warna merah tidak dapat dijadikan patokan, sebab beberapa mobil di daerah pinggir pantai dengan warna putih justru menjadi sasaran terbesar burung camar. Hal ini karena mereka memiliki bulu berwarna putih dan melihat cerminan dirinya pada mobil yang berwarna putih sehingga mereka tertarik untuk membuang kotoran di atasnya.

Berikut ini cuplikan video tentang survei yang sudah dilakukan di Britania Raya terkait hal ini.

Bagaimana dengan burung-burung yang ada di Jakarta? Apakah mobil Anda seirng menjadi sasaran? Mungkin Anda perlu mengganti warna mobil Anda.

Hufiington Post

Comment di sini