5 Hal yang Membuat Biaya Pernikahan Membengkak

by
June 25th, 2012 at 3:23 pm

Menikah adalah saat-saat yang paling mendebarkan, emosional, sekaligus menggembirakan. Mereka yang terlibat dalam prosesi pernikahan sangat memahami hal ini.  Para calon pengantin pun pastinya berusaha agar hari bahagia mereka bisa menjadi sempurna dan berkesan.

Salah satu hal yang  paling membebani pikiran calon pengantin adalah biaya pernikahan. Tak dapat dipungkiri, biaya pernikahan tidaklah murah. Para calon pengantin harus bersiap mengeluarkan uang hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah untuk biaya pernikahan mereka. Biaya ini bisa saja lebih banyak apabila tinggal di kota besar seperti Jakarta.

Untuk menyiasati hal seperti ini, ada baiknya Anda menghindari 5 kesalahan yang membuat biaya membengkak.

1. Suvenir yang mahal

Banyak yang membeli suvenir dengan harga yang lumayan fantastis padahal sebenarnya hal itu tidak terlalu diperlukan karena kebanyakan orang akan lupa dan barang yang diberi belum tentu berguna. Suvenir pernikahan bisa mencapai harga Rp 10-50 ribu atau bahkan lebih untuk setiap undangan, namun tidak semua orang akan mengingat atau menyimpannya. Berilah sesuatu yang sederhana, murah, namun berkesan kepada tamu undangan seperti mengalihkan ucapan terima kasih dengan memberi sumbangan kepada anak yatim.

2. Tidak menggunakan undangan online

Undangan online lewat email atau Facebook bisa mengurangi biaya cetak undangan kertas. Biaya yang dihemat bisa mencapai ratusan tibu bahkan jutaan rupiah. Dengan menggunakan perantara internet, orang-orang bisa langsung melihat ke undangan online tersebut dan mengakses informasi tentang detail pernikahan kamu seperti tanggal dan lokasi.

3. Terlalu banyak makanan

Makanan yang disediakan dengan beragam varian pasti akan membuat para tamu sangat senang namun tidak perlu menyediakan makanan berlimpah ruah dengan harga yang fantastis. Pilih makanan yang pasti disukai oleh para tamu dan sesuaikan jumlahnya dengan jumlah tamu undangan. Berilah lebih sedikit untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, namun jangan terlalu khawatir hingga mencadangkan makanan hingga 2 kali lipat jumlah undangan.

4. Tradisi

Tradisi memang tidak dapat dilupakan namun kamu juga harus berhati-hati jangan sampai membuat biaya pernikahan jadi semakin membengkak. Salah satu hal yang paling mencolok adalah dengan adanya berbagai macam prosesi yang harus diikuti. Memang, adat tak boleh dilupakan, namun kita harus mengetahui konteks. Konsultasikan dengan orang tua dan ahli adat, adakah prosesi yang bisa dihilangkan dalam upacara pernikahan. Apabila memungkinkan, lompati saja tahap itu karena itu berarti penghematan pengeluaran. 

5. Tanpa diskon

Saat berbicara dengan Wedding Organizer atau seseorang yang berada dalam industri pernikahan, cobalah untuk bernegosiasi. Coba sebutkan berapa dana yang kamu miliki untuk prosesi pernikahan apakah mereka bisa membantu atau tidak. Kata-kata seperti ini lebih membantu daripada mengatakan keinginan terlebih dahulu.

Itu dia 5 hal yang bisa membuat biaya pernikahan membengkak. Bila kamu sedang dalam persiapan, cobalah untuk membuat anggaran yang benar-benar efisien.

Comment di sini