Ada Apa di Balik Pemasangan Iklan Facebook di Situs Lain?

by
June 25th, 2012 at 3:30 pm

Facebook, situs jejaring sosial terbesar di dunia, diketahui memasang iklan di situs lain untuk pertama kali. Meskipun beriklan di situs yang merupakan mitranya sendiri (zynga.com), langkah facebook tersebut membuat para penggunanya khawatir akan kemungkinan Facebook membagi data penggunanya ke Zynga.

Namun, pihak Facebook melalui juru bicaranya Tucker Bounds, menyatakan bahwa mereka tidak perlu khawatir karena Facebook tidak akan membagi informasi mengenai penggunanya maupun para pengiklan kepada Zynga. Selain itu, Tucker juga memastikan bahwa memang benar Facebook telah memasang iklan di situs Zynga.

“Ya, mungkin sudah banyak yang lihat, iklan dan sponsored stories dari Facebook di situs Zynga. Jangan khawatir, Facebook tidak membagi informasi tentang pengguna atau pengiklan ke Zynga,” ungkap Tucker seperti dikutip dari detikcom, Minggu (24/6).

Pemasangan iklan berupa sponsored stories di situs lain ini membat spekulasi beredar bahwa Facebook akan mengembangkan jaringan iklan antar-situs, sehingga distribusi iklan ke situs lain bisa tercipta karena adanya jaringan online khusus.

Terkait spekulasi ini, Tucker tidak memberi banyak komentar, ia mengatakan bahwa Facebook hanya memasang iklan. Hal ini tentu saja aneh, mengingat fakta bahwa Facebook telah menghasilkan US$ 3.7 miliar dari iklan di situsnya sendiri.

Sementara itu, saham Facebook juga dikabarkan meningkat. Setelah mengalami koreksi dalam satu bulan terakhir, saham Facebook dalam dua pekan ini telah meningkat 21%. Saham Facebook ditutup menguat 3.8% pada Jumat (22/6) lalu.

Saham Facebook memang terus menjadi sorotan sejak keputusanya untuk turun ke pasar saham. Terlebih, karena laju pertumbuhan pendapatan mereka mengalami penurunan.

Comment di sini