Apa Itu Kelainan Anoreksia?

by
June 25th, 2012 at 5:40 pm

Jika mendengar kata Anoreksia, yang terlintas dalam benak semua orang adalah orang yang tak mau makan karena takut gemuk. Namun, ternyata sebenarnya Anoreksia adalah kelainan yang menyebabkan penderitanya kehilangan selera makan. Kelainan ini dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan faktor-faktor penyebabnya, anoreksia 1 dan anoreksia 2.

Bedakan dengan Anoreksia Nervosa, dimana penderitanya memang tak mau makan karena takut berat badannya meningkat sehingga penampilannya terganggu.

Pada umumnya, penderita anoreksia mengalami penurunan nafsu makan, bahkan bisa juga kehilangan sama sekali. Penderita anoreksia tipe pertama kebanyakan adalah remaja perempuan  yang terlalu takut apabila bobot tubuh mereka meningkat. Namun, tak jarang juga orang dewasa yang mengalaminya.

Mereka yang menderita anoreksia 1 cenderung mengurung diri dari acara kumpul-kumpul, pesta, atau acara makan-makan lainnya. Mereka juga enggan untuk mengonsumsi nasi, daging, susu, dan makanan lain yang dinilai dapat menyebabkan kegemukan. Alhasil, para penderita anoreksia ini akan mengalami anemia, kurang gizi, lesu, bahkan berhentinya siklus haid pada wanita.

Sedangkan anoreksia tipe 2 seringnya menyerang orang yang mengidap suatu penyakit, terutama kanker. Penyakit yang diderita itulah yang menyebabkan seseorang tak mau makan karena kehilangan selera.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan anoreksia tipe 2.

1. Kelelahan.

2. Menurunnya nafsu makan akibat tidak adanya penggugah selera makan karena perubahan tampilan makanan yang boleh dikonsumsi. Hal ini terjadi pada penderita kanker, karena makanan mereka tawar dan mulai dibatasi.

3. Depresi berat.

4. Akibat dari terapi radiasi seperti kemoterapi.

5. Konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan rasa mual berlebih.

6. Rasa mual yang disertai dengan memuntahkan makanan yang sudah masuk dalam tubuh, juga dapat menimbulkan rasa trauma pada perut yang berujung pada menurunnya nafsu makan.

7. Luka pada bagian dalam perut ataupun mulut.

Itulah penjabaran mengenai penyakit anoreksia tipe 1 dan 2 dengan faktor-faktor berbeda yang menyebabkannya. Untuk pengobatan penyakit ini sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan rutin karena hilangnya nafsu makan yang berkepanjangan akan berujung pada kematian.

Comment di sini