Badak Sumatra Melahirkan Setelah Ditunggu 124 Tahun

by
June 25th, 2012 at 9:40 am

Akira Kaede / Getty Image

Seekor Badak Sumatra (dicerorhinus sumatrensis) melahirkan di Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Sabtu (23/6). Kelahiran ini merupakan yang pertama terjadi di Indonesia sejak 124 tahun yang lalu. Sedangkan di dunia, ini merupakan kejadian yang kedua–yang pertama terjadi di Amerika Serikat pada September 2001.

Badak betina yang diberi nama Ratu tersebut melahirkan seekor bayi berjenis kelamin jantan pada Sabtu dini hari, sekitar pukul 00.45. Sebelumnya, Ratu sudah dua kali hamil pada 2010, namun saat itu mengalami kegagalan. Awen Supranata, yang menjabat sebagai Kepala TNWK, didampingi Kabag Humas Sukatmoko, mengatakan bahwa tanda-tanda kelahiran pada Ratu sudah terlihat sejak sehari sebelumnya. “Alhamdulillah, akhirnya Ratu melahirkan dengan selamat,” ujarnya seperti dikutip dari Suara Pembaruan.

Direktur Suaka Rhino Sumatra (SRS) Dedi Candra mengatakan bahwa Ratu dibuahi oleh seekor badak jantan bernama Andalas yang didatangkan dari Kebun Binatang Cincinatti, Amerika Serikat. Andalas sendiri merupakan badak pertama yang lahir secara alami dalam kurun waktu 112 tahun terakhir. Ia dilahirkan oleh Emi, badak betina yang juga dibuahi secara alami oleh Ipuh. Andalas didatangkan ke TNWK dari Amerika pada 2007 silam.

Dedi, yang mengelola SRS sejak 1998, mengamini bahwa keberhasilan Ratu tersebut merupakan sesuatu yang sangat langka. “Ini merupakan peristiwa yang sangat luar biasa. Betapa tidak, sepanjang 112 tahun lebih, baru dua kali badak Sumatra yang dibuahi dan melahirkan secara alami dengan selamat,” ujarnya.

Atas kejadian langka ini, dikabarkan bahwa Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK).

Badak Sumatera merupakan hewan yang sangat langka. Dengan hanya tersisa sekitar 200 ekor di seluruh dunia, hewan asli Indonesia ini bukan hanya dikategorikan ‘langka’, tetapi juga ‘sangat terancam’.

Comment di sini