CiriCara: 8 Cara Melakukan Meditasi Komputer

by
June 25th, 2012 at 2:11 pm

Bagi kamu yang selama ini selalu bergelut dengan pekerjaan di depan komputer, ada baiknya sekarang mengambil waktu untuk istirahat sejenak dari rutinitas yang melelahkan mata itu. Setiap hari selalu berada di depan komputer ataupun laptop tidak baik bagi kesehatan mata kamu.

Berikut ini CiriCara memberikan beberapa cara untuk melakukan meditasi mengisi waktu jeda kamu dari rutinitas di depan komputer.

1. Rilekskan seluruh tubuhmu yang sudah tegang setiap hari dalam perkerjaan. Katakan pada tubuh kamu, kalau saat ini adalah saatnya untuk rileks sejenak.

2. Setelah tubuhmu berhasil rileks, kini saatnya untuk perintahkan pikiranmu agar tenang. Jika pikiran tenang, semua anggota tubuh pun akan ikut tenang.¬†Pejamkan mata dan ucapkan, “Santai..santai..santai..”

3. Berhenti memikirkan masalah untuk sementara. Jika pikiran kamu sudah berhasil ditenangkan, maka kamu pun harus berhenti memikirkan masalah pekerjaan yang sedang kamu tinggalkan itu.

4. Jika ketiga langkah di atas sudah berhasil kamu lakukan, kini saatnya mempengaruhi pikiranmu dengan kata-kata positif yang membangun dan menenangkan. Misalnya, “Hidup damai”, “Bersyukur dalam hidup, “Mari bersenang-senang”.

5. Setelah mengulangi kata-kata positif yang kamu ucapkan, rasakanlah ketenangan dalam hati yang didapat. Biarkan itu menguasai batin, hati, dan pikiranmu.

6. Jika ketenangan sudah meliputi batinmu, sekarang saatnya hubungkan batinmu dengan Tuhan yang kamu percayai, dengan kata lain berdoalah. Berdoa juga dapat menenangkan jiwa yang bergelora.

7. Jika kamu sudah mulai terlarut dalam ketenangan dan kenikmatan dari meditasi ini, katakan dalam hatimu “tidak apa-apa untuk bersantai lebih lama lagi”. Dengan demikian kamu pasti akan lebih rileks lagi sehingga dapat menikamti ketenangan lebih dalam lagi.

8. Sebelum mengakhiri rangkaian meditasi ini, jangan lupa perkatakan hal positif bagi orang lain juga. Karena kamu sedang dipenuhi oleh aura positif sehabis meditasi, saatnya untuk menyebarkan aura itu bagi orang lain agar mereka juga dapat rasakan ketenangan yang sama.

Itulah kedelapan cara yang dapat dilakukan jika kamu ingin berhenti dari rutinitas pekerjaan di depan komputer. Meditasi komputer ini terbukti ampuh dalam merileksasikan otot-otot pikiran yang menegang akibat bekerja di depan komputer terus menerus. Cukup luangkan waktu sekitar 10 menit untuk melakukan meditasi ini agar terhindar dari stres.

Wiki How

Comment di sini