CiriCara: Cara Memilih Durian Berkualitas

by
June 25th, 2012 at 1:35 pm

Buah durian atau yang biasa disebut duren oleh sebagian besar penduduk Indonesia memiliki aroma yang sangat menyengat namun rasanya amat lezat. Banyak yang menyukai buah ini tapi banyak pula yang tidak menyukainya karena kuatnya aroma buah.

Bagi kamu yang gemar makan buah berkulit duri ini, CiriCara memberikan beberapa cara yang harus kamu lakukan dalam memilih buah durian yang berkualitas:

1. Rasakan aromanya

Cara termudah untuk mengetahui buah durian yang hendak kamu beli itu segar atau tidak ialah dengan mencium aromanya. Jika aromanya masih tercium sangat kuat, berarti buah durian tersebut masih segar. Tapi jangan membeli jika aromanya sudah memudar. Karena buah durian itu sudah lama dipetik dari pohonnya sehingga aromanya sudah hilang menguap.

2. Perhatikan kulitnya

Jangan beli buah durian yang kulit luarnya sudah berlubang walau hanya sedikit, sebab mungkin saja cacing sudah masuk ke bagian dalam buahnya. Sebaiknya, cari buah durian yang kulitnya masih mulus dan tidak ada lubang-lubangnya.

3. Lihat bagian atasnya

Langkah ketiga dalam memilih durian, coba lihat bagian tangkai atas pada buah bekas ditebang dari pohonnya. Jika tangkainya sudah tidak bergetah atau sudah kering, itu tandanya durian tersebut sudah lama diambil dari pohonnya. Jadi, carilah buah durian yang masih bergetah pada bagian atasnya.

4. Lihat bagian bawahnya

Setelah melihat bagian atasnya, lihat juga bagian bawah dari buah tersebut. Buah durian yang terlalu matang, maka bagian bawah buahnya akan retak walau hanya sedikit. Pastikan tidak ada retakan pada kulit luar buah ini. Hal itu menandakan bahwa buahnya matang dengan sempurna.

5. Dengar suaranya

Langkah yang terakhir ini biasanya hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli dalam memilih durian. Biasanya, mereka mampu membedakan segar atau tidaknya durian dari suara yang dihasilkan ketika menggoyang-goyangkan durian tersebut. Katanya, jika bunyi duriannya terdengar berat berisi, berarti buah itu segar dan matang. Tapi jika bunyinya sudah ringan seperti ada rongga, maka buah duriannya sudah tidak segar atau bisa saja bagian dalamnya sudah membusuk.

Itulah kelima cara yang dapat kamu lakukan saat memilih durian jika ingin mendapatkan buah durian yang matang dengan baik serta masih segar.

Life Style

Comment di sini