CiriCara: 3 Cara Ampuh Usir Batuk

by
June 25th, 2012 at 2:46 pm

Batuk memang sangat mengganggu. Semua orang pasti pernah merasakan tidak nyamannya terkena batuk. Tidur jadi susah, bekerja jadi kurang konsentrasi dan masih banyak lagi. Ini bisa menjadi gangguan yang sering muncul karena iklim Indonesia yang tropis dan lembap ditambah lagi dengan keadaan cuaca yang tidak menentu.

Banyak cara untuk mengusir batuk. Kamu bisa memilih menggunakan cara yang mana karena masing-masing punya kekurangan dan kelebihan sendiri. Ini dia caranya:

1. Menggunakan obat alami

Jika ingin aman dan murah, kamu bisa menggunakan cara yang alami yaitu dengan bahan-bahan yang mudah didapat seperti air perasan jeruk nipis ditambah dengan madu. Kamu bisa menggunakan 1 buah jeruk nipis, ambil airnya, tambahkan tiga sendok makan madu dan 5 sendok makan air matang kemudian tim selama 30 menit. Setelah itu minum ramuan tadi 2 kali sehari. Bisa juga menggunakan pisang ambon matang yang dikukus selama 15 menit hingga lunak. Kalau untuk pisang, kamu bisa makan kapan saja kamu mau.

2. Menggunakan obat di apotek

Sekarang ini kita terbiasa membeli obat batuk di apotek. Cara ini dirasa sangat mudah dan cepat namun pastikan kamu mengenali batuk yang sedang kamu derita karena obat batuk pun ada macamnya. Jangan sampai salah pilih, yang ada penyakit batuk malah tak kunjung sembuh.

Ada obat batuk expectorant khusus untuk batuk berdahak. Non-expectorant adalah obat batuk yang disebabkan oleh peradangan atau alergi biasanya batuk kering. Obat batuk yang tidak menyebabkan kantuk tidak mengandung obat anti alergi yang disebut dengan antihistamin, karena zat inilah yang biasanya menyebabkan kantuk. Efek negatif obat ini biasanya didesain mengobati segala macam batuk padahal kamu harus meminum obat yang sesuai dengan jenis penyakit batuk yang kamu derita.

3. Kunjungi dokter

Ada baiknya berobat ke dokter agar sakit batuk yang kamu derita bisa segera ditangani dan disembuhkan apalagi bila batuk masih belum reda setelah tiga hari. Dengan begini akan mengurangi potensi penularan dan juga infeksi sekunder pada sistem pernapasan.

Itu dia tiga cara mengusir batuk yang bisa kamu lakukan agar batuk cepat pergi dan kamu kembali sehat. Cara mana yang kamu pilih?

Comment di sini