CiriCara: Cara Mengusir Nervous Ketika Wawancara Kerja

by
June 25th, 2012 at 6:19 pm

Nervous saat melakukan interview kerja memang bukanlah hal yang aneh. Semua orang akan merasakan hal yang sama apalagi jika kamu termasuk orang yang baru dan belum pernah memiliki pengalaman kerja. Ini dia 6 cara mengusir nervous saat sedang wawancara:

1. Sarapan

Hal pertama yang harus dilakukan pada hari H adalah sarapan. Makan di pagi hari akan memberikan energi yang cukup dan dapat membantu kamu berkonsentrasi dan fokus saat wawancara sedang berlangsung.

2. Tidur yang cukup

Saat malam hari sebelum wawancara sebaiknya kamu tidur yang cukup sehingga menjadi lebih segar saat wawancara esok hari. Tidur yang cukup juga dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi dan fokus pada pertanyaan agar bisa menjawab pertanyaan dengan baik.

3. Persiapan

Hal lain yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan diri. Kamu perlu tahu mengenai posisi yang kamu inginkan dan juga hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan. Persiapkan juga pertanyaan yang ingin diajukan pada saat akhir wawancara.

4. Berlatih

Latihan berbicara dan melakukan kontak mata itu penting karena menentukan apakah kamu termasuk orang yang percaya diri atau tidak. Menghindari kontak mata berarti kamu bukan orang yang memiliki kepercayaan diri yang cukup. Berlatihlah dengan teman atau keluarga.

5. Tarik napas panjang

Saat jantung berdetak sangat kencang, yang harus dilakukan adalah menghirup napas panjang dan hembuskan perlahan-lahan. Lakukan ini beberapa kali sampai denyut jantung kamu kembali normal.

6. Mempersiapkan jawaban

Menjawab pertanyaan pewawancara bukan perkara mudah apalagi jika kamu gugup sehingga menjadi terbata-bata atau menjawab seperti kamu tidak siap. Coba kamu dengarkan pertanyaan dengan baik, pikirkan selama 10 detik baru sampaikan jawaban kamu.

Itu dia 6 cara yang akan membebaskan kamu dari rasa nervous pada saat wawancara kerja.

Comment di sini