CiriCara: Cara Tepat Mengatur Keuangan Bagi Perantau

by
June 25th, 2012 at 4:58 pm

Menjadi seorang perantau memang bukan perkara yang mudah. Bekerja di luar kota, jauh dari rumah bahkan di luar negeri sekalipun harus bisa mengatur keuangannya. Mengelola penghasilan dengan disiplin bisa membantu kamu belajar menggunakan uang dengan cara bijaksana.

Mengatur keseimbangan antara biaya yang harus dikeluarkan, tabungan, sewa rumah, biaya makan sehari-hari, transportasi dan pengeluaran lain yang tidak terduga kadang bisa membuat kepala serasa mau pecah. Perhatikan 4 tips dibawah ini agar keuangan kamu tetap seimbang:

1. Hemat

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah berhemat. Sebagai contoh daripada meletakkan cucian ke tempat pencucian dengan harga yang lumayan, kamu bisa mencuci baju kamu sendiri ketika kamu libur. Ini juga salah satu cara agar kamu tidak tergoda untuk jalan-jalan, makan di luar bahkan berbelanja. Cari cara menghabiskan waktu libur tanpa membuang-buang uang seperti menyewa DVD daripada menonton di bioskop.

2. Rencana anggaran yang tepat

Dahulukan pos pengeluaran yang sudah pasti misalnya uang sewa rumah/kos dan tabungan. Pisahkan uang yang menjadi anggaran ini setiap bulannya sehingga tidak akan ikut terpakai dalam pengeluaran sehari-hari. Jika memang punya rencana bepergian, sisihkan juga sebagian uang kamu untuk itu segera setelah mendapatkannya.

3. Memasak sendiri

Memasak sendiri lebih murah daripada membeli lagipula memasak sendiri lebih sehat daripada makanan yang kamu beli diluar. Mengurangi intensitas makan di luar akan memangkas pos pengeluaran kamu dalam jumlah yang tidak terduga.

4. Sewa tempat sederhana

Saat memilih tempat tinggal, pilihlah tempat yang sederhana. Kamu bisa memilih mendapatkan tempat yang bersih walaupun tidak terlalu besar tapi cukup nyaman untuk sendiri. Cari saja tempat yang cocok dengan kondisi keuangan kamu asal nyaman.

5. Tabungan dan investasi

Menyimpan uang sedikit demi sedikit sangat diperlukan apalagi jika Anda berada jauh dari rumah sehingga yang bisa diandalkan hanya diri sendiri. Tabungan perlu untuk persiapan menghadapi hal yang tidak diduga akan terjadi sebelumnya. Kamu juga bisa mulai berinvestasi. Investasi yang kamu pilih beragam bisa berupa saham, reksadana atau deposito.

6. Operator seluler

Pilih operator seluler yang tepat untuk kebutuhan kamu. Memilih operator seluler yang memiliki biaya paling murah, sinyal yang bagus dan banyak memberikan keuntungan menjadi prioritas asal jangan sampai kamu termakan promosi. Jika menggunkan smartphone, cari yang harga paketnya cukup terjangkau dengan kecepatan akses yang lumayan.

7. Hindari memakai kartu kredit

Pemakaian kartu kredit yang masih ada dalam kontrol bukan menjadi masalah namun apabila kamu terlalu nyaman dengan kartu kredit hingga menggunakannya di hampir segala kesempatan, saatnya kamu menyimpan kartu itu. Pertimbangkan penggunaan kartu kredit. Llebih baik menggunakan kartu debit kamu sendiri.

8. Tiket pulang

Bila ingin pulang pada tanggal dan waktu tertentu, segeralah membeli tiket sebelum harganya naik. Saat membeli jauh hari sebelumnya, biasanya harganya akan jadi lebih murah. Merencanakan perjalanan sedini mungkin akan membuat biayanya menjadi lebih rendah.

Ini dia cara agar keuangan kamu tetap selamat saat bekerja jauh dari rumah. Dengan begini kamu tidak perlu lagi was-was akan uang yang cepat habis di akhir bulan.

Comment di sini