Selebriti Indonesia Dukung Rania Lewat Twitter

by
June 25th, 2012 at 11:02 am

Kompas

Lagi-lagi terjadi perseteruan dalam rumah tangga selebriti terjadi. Kali ini pasangan yang sudah resmi bercerai pada 1 Juli 2011, 1 tahun yang lalu, kini sedang bersitegang terkait hak asuh putri mereka satu-satunya, Rania Kancanah Tadya Sjarif (4).

Mantan model majalah Playboy, Tiara Lestari, yang juga adalah ibu dari Rania sudah menikah lagi dengan warga negara Jerman yang bernama Stephan Oelkers pada 17 Juni 2012 lalu. Mendengar berita pernikahan mantan istrinya, Andy dan keluarga besar menjadi naik pitam sekaligus diliputi kekhawatiran akan tumbuh kembang Rania tanpa ibu di sisinya.

Karena Andy merasa dirinya belum sanggup untuk menjadi single parent, ia pun berusaha mencari dukungan lewat microblogging Twitter.

Rupanya usaha Andy membuahkan hasil, melalui hashtag #4rania, para aktivis Twitter berdoa agar Rania tetap sehat lahir dan batin, sebagaimana seluruh keluarga besar Andy juga berharap demikian.

Aktivis Twitter yang populer atau Seleb Twitter seperti @iimfahima, @nukman, @sophienavita dan masih banyak lagi, menyampaikan dukungan mereka untuk Andy agar tetap tegar dalam membesarkan Rania walau hanya seorang diri.

Sosialita dan blogger @CiscaDV menulis “Dear @andysjarif; every child needs a father like you. Rania knows best. Smg Allah memberi jalan terbaik untuk Andy & keluarga. #4Rania.”

Ayah Rania juga mengunggah foto-foto anaknya yang manis dan menggemaskan di akun Twitter-nya, yang kemudian banyak mendapat follower yang me-retweet foto-foto tersebut.

Ada satu tweet dari akun @andysjarif yang cukup menyentuh, berisi demikian “Last school day #4Rania”Bapa I’m happy today”| Me: “why?” | Rania: “Karena ada Bapa hari ini”| This kid knows how 2make a big guy *mewek”.

Dengan banyaknya dukungan dari orang-orang yang dikenal maupun tidak dikenalnya, membuat Andy kembali merasa tegar dan semangat untuk menjalani hari-harinya. Dia mengatakan bahwa ia merasa seperti memiliki keluarga yang sangat besar karena dukungan yang datang tiada henti dari teman-teman di jejaring sosial.

Andy yang juga pemilik jaringan pemasangan iklan SITTI (www.sitti.co.id) sempat mengungkapkan perasaannya kepada Kompas.com bahwa beberapa waktu belakangan ini ia sedih melihat pertumbuhan Rania karena anak semata-wayangnya ini dilaporkan sedang tidak dalam kondisi yang baik saat ini.

Keluarga besar Andy, termasuk ibunya yang berprofesi sebagai dokter anak, dr. Utami Roesli tambah khawatir akan kesehatan Rania. Mereka berpendapat bahwa dampak dari perceraian Andy dan Tiara satu tahun lalu itu baru dirasakan oleh Rania, putri mereka. Secara psikis, Rania membutuhkan peran ayah dan ibu di sisinya.

Menyadari akan terjadinya hal ini, Andy dan Tiara pun pernah membuat surat perjanjian kalau Rania boleh diasuh oleh keduanya dengan cara per tiga hari tinggal bersama ayahnya, lalu tiga hari berikutnya tinggal bersama ibunya. Namun sayang, upaya tersebut dilanggar oleh Tiara sendiri setelah ia memutuskan untuk ke Jerman dan menikah lagi.

Pada bulan Januari 2012, Tiara menginginkan hak asuk anak secara penuh dengan alasan bahwa sebagai ibu rumah tangga, ia dapat mengasuh tiara selama 24 jam. Oleh karena itu Tiara sempat mengajukan gugatan ke Pengadilan Agama Jaksel. Ia pun sempat berencana akan memboyong Tiara ke Jerman untuk tinggal bersamanya.

Tapi ibu Andy tidak memberikan ijin karena ia khawatir Rania akan dididik tidak sebagaimana semestinya karena kehidupan Tiara yang “kacau” dan selalu “bersenang-senang”.

Oleh karena itu, Utami pun mendatangi Komisi Perlindungan Anak Indonesia pada hari Rabu (20/6) lalu untuk mengadukan kasus ini. Bagi Andy, anak bukan seperti barang yang layak untuk diperebutkan karena orang tua mereka sudah tidak bersama lagi. Semua yang dilakukan Andy adalah yang terbaik untuk Rania.

Comment di sini