Film “Dredd” Jiplak “The Raid”?

by
June 25th, 2012 at 2:02 pm

International Hero

Film yang akan dirilis Oktober tahun ini, “Dredd”, baru saja merilis video trailer. Dalam film yang merupakan daur ulang film tahun 1995 yang dibintangi Sylvester Stallone ini, Karl Urban berperan sebagai seorang hakim sekaligus eksekutor bernama Dredd. Bersana timnya, ia dijebak di sebuah gedung yang dikuasai oleh seorang mafia kota. Untuk menegakkan kebenaran dan keadilan, ia berusaha menangkap mafia yang meresahkan warga kota itu.

Gembong mafia yang diburu adalah seorang bandar obat-obatan dan telah membuat semua penduduk kota kecanduan. Hakim Dredd yang selalu menggunakan helm ini dikisahkan memasuki sebuah markas besar gembong obat terlarang yang tingginya 200 lantai. Aksi perburuan di dalam gedung dipenuhi dengan banyak adegan laga antara Dredd dan timnya melawan sang mafia dan anak buahnya.

Familiar dengan jalan cerita ini? Ya, cerita ini mirip dengan film yang lebih dulu dirilis dan sukses, “The Raid”.

Film yang dibintangi Iko Uwais ini bercerita tentang sekelompok pasukan elite yang memasuki markas penjahat besar yang tingginya 20 lantai. Dalam film laga itu, latarnya pun berada dalam sebuah gedung. Adegannya pun banyak menggunakan kontak langsung dengan musuh bukan hanya menggunakan senjata seperti pistol atau bom.

Yang menjadi berbeda adalah kostum yang dikenakan yaitu helm Dredd dan mafia yang ditangkap. Pada film “The Raid” penjahatnya adalah seorang laki-laki sedangkan pada film “Dredd” penjahatnya adalah seorang perempuan.

Kedua film ini memiliki jalan cerita yang sama dan latar adegan yang banyak dilakukan di dalam gedung. Jika “The Raid” hanya 20 lantai, “Dredd” menggunakan gedung 200 lantai. Penjahat dalam kedua film ini sama-sama berbicara pada karakter utama dalam film menggunakan pengeras suara yang terhubung dalam gedung.

Simak trailer “Dredd” dan “The Raid” berikut ini.

Setelah trailer dirilis, sejumlah penggemar film membandingkannya dengan film “The Raid.” Mereka mengakui bahwa ada kemiripan dalam segi konsep, namun kabar menyebutkan bahwa film “Dredd” telah difilmkan lebih dulu dan merupakan adaptasi sebuah komik dengan judul yang sama sebelum “The Raid” lahir.

Bagaimana menurutmu?

Comment di sini