Gadis Solo Wakili Indonesia di Kontes Miss Deaf World 2012

by
June 25th, 2012 at 11:59 am

JP / Ganug Nugroho

Oktaviani Wulansari, warga Solo, akan berangkat menuju Praha pada 1-10 Juli 2012 mendatang. Gadis berusia 21 tahun ini mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang Miss Deaf World 2012. Sebelumnya, ia memenangkan ajang Miss Deaf Indonesia 2012 pada April lalu.

Ovik, sapaan akrab Oktaviani, merupakan seorang model. Meski memiliki kekurangan fisik sebagai tuna rungu (tidak dapat mendengar) dan tuna wicara (tidak dapat berbicara), ia tidak pernah merasa minder. Bahkan, wanita kelahiran 19 Oktober 1992 ini terus berkarya sehingga bisa menjadi model dan memenangkan Miss Deaf Indonesia.

Sebelum berangkat ke Praha, Ovik menyempatkan diri untuk memohon dukungan dan doa restu kepada keluarganya dan seluruh rakyat Indonesia. “Saya mohon doa dari masyarakat Indonesia dan warga Solo,” ungkapnya kepada Tempo melalui perantara penerjemah.

Beberapa keterampilan sudah dibekalkan kepada Ovik. Ia menjalani semacam karantina dan pelatihan khusus selama satu bulang sebelum keberangkatan ke Praha, Rep. Ceko. Di sana, ia akan menunjukkan kebolehannya menari, berjalan di atas catwalk, dan menceritakan kekayaan Indonesia di mata dunia. Ovik sendiri merasa optimis bisa meraih hasil yang terbaik.

Diah Ayu, orang yang merupakan pendamping Ovik mengatakan bahwa Ibunda Ovik sebenarnya ingin berangkat ke Ceko untuk menemani karena selama ini Ovik selalu ditemani oleh ibunya, namun karena kekurangan biaya, maka dibatalkan. Diah menambahkan, mereka sempat mencari sponsor untuk membiayai keberangkatan Ibunda Ovik. Dari kebutuhan anggaran Rp 18 juta, mereka hanya berhasil mengumpulkan Rp 3,5 Juta. Jumlah uang itu akhirnya akan digunakan Ovik sebagak uang saku selama di Praha.

Diah merupakan anggota Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia). Ia dan dua orang lainya dari Yayasan Puteri Indonesia akan mendampingin Ovik selama di Praha. Diah juga berharap Ovik akan menorehkan prestasi bagus, setidaknya seperti perwakilan Indonesia sebelumnya (2011) yang mampu meraih posisi runner-up.

Comment di sini