Ini Dia Fitur-fitur Baru Dari Windows Phone 8

by
June 25th, 2012 at 4:08 pm

Microsoft minggu lalu telah mengumumkan sistem operasi mobile terbaru mereka yaitu Windows Phone 8. Sistem operasi ini dikatakan akan segera dirilis pada tahun 2012 ini, tepatnya pada sekitar bulan Oktober nanti. Microsoft juga mengklaim bahwa akan ada berbagai perubahan, pembaruan dari sistem operasi mereka yang sekarang sedang dipakai oleh rekan-rekan mereka, seperti Nokia, yakni Windows Phone 7. Tidak hanya update, tapi juga dijanjikan akan ada sejumlah fitur baru dari Windows Phone 8. Berikut adalah fitur-fitur baru yang akan muncul pada Windows Phone 8, seperti yang dilansir oleh xinmsn:

  1. Tampilan Start Baru
    Layar Start/homescreen pada Windows 8 akan dibuat sangat fleksibel. Pengguna akan diberikan cukup kebebasan dalam mengkustomisasi tampilan layar Start mereka. Kebebasan tersebut berupa pilihan pada ukuran icon tile yang ada di bagian home screen ponsel Anda. Tiga ukuran yang berbeda telah disediakan, sehingga Anda bisa memilih dan menyusun tampilan icon tile sesuai yang Anda inginkan.
  2. Digital Wallet
    Fitur Near Field Communication (NFC) adalah fitur yang sedang ramai dibicarakan orang-orang. Dan diyakini NFC akan segera menjadi sebuah fitur yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya, NFC bisa berfungsi sebagai dompet elektronik/digital wallet, jadi Anda tidak perlu repot membawa kartu kredit ataupun debit banyak-banyak di dalam dompet Anda. Walaupun Microsoft bukan yang pertama menerapkan teknologi NFC ini, tapi mereka tetap memutuskan untuk memasukkan fitur NFC pada Windows Phone 8.
  3. Resolusi Layar Yang Lebih Bagus
    Dengan dukungan resolusi yang lebih tajam, Microsoft menjanjikan detail gambar yang juga lebih baik pada Windows Phone 8 ini. Dua resolusi layar yang akan mereka dukung adalah 1.280×768 dan 1.280×720 piksel. Dengan ini, Anda akan bisa mendapatkan tampilan yang lebih terdefinisi dan jernih pada layar ponsel kesayangan Anda.
  4. Aplikasi Maps Yang Lebih Baik
    Seperti Apple yang tidak lagi menggunakan Google Maps pada sistem operasi iOS terbarunya, Microsoft pun memutuskan untuk tidak lagi memakai aplikasi Bing Maps, dan menggantinya dengan aplikasi Maps khusus buatan Nokia. Aplikasi ini akan dikembangkan dengan jumlah informasi yang lebih banyak daripada Bing Maps, dan akan dibuat agar bisa tetap bekerja dalam keadaan offline sekalipun.
  5. Prosesor Multi-Core
    Microsoft mengembangkan Windows Phone 8 ini dengan dukungan kompatibilitas dengan prosesor ARM, prosesor multi inti, yang akan menjamin setiap aplikasi yang dipasang di dalam ponsel berbasiskan Windows Phone 8 untuk berjalan dengan mulus.
  6. Windows Phone Marketplace
    Tidak mau ketinggalan dengan para pesaingnya, Microsoft membuat sebuah basis pasar aplikasi, khusus untuk perangkat dengan sistem operasi Windows Phone. Untuk saat ini, mungkin mereka masih tertinggal dengan pesaing mereka seperti Android (Google Play Store), dan Apple (App Store). Tapi hal ini tak mengurangi ambisi mereka untuk menjadi pemimpin di pasar sistem operasi mobile. Microsoft juga mengklaim bahwa total aplikasi di Windows Phone Marketplace sudah mencapai lebih dari 100 ribu aplikasi, dan masih akan bertambah lagi.

Itulah fitur-fitur yang akan disajikan oleh Microsoft dengan Windows Phone 8 mereka. Dengan fitur-fitur inilah, mereka percaya akan mampu bersaing dan merebut pasar mobile. Apakah mereka bisa untuk itu? Kita harus menunggu sampai waktunya Microsoft merilis Windows Phone 8 nantinya.

Comment di sini