Memangku Laptop Picu Gangguan Kesehatan

by
June 25th, 2012 at 5:27 pm

Saat berada di tempat yang tidak ada mejanya, orang biasanya akan memangku laptop mereka untuk memudahkan akses dan penggunaan. Ternyata terbiasa memangku laptop tidak baik bagi kesehatan. Hentikan kebiasaan ini karena hasil penelitian medis membuktikan memangku laptop memiliki efek negatif bagi pelakunya.

Efek yang bisa dirasakan adalah kerusakan kulit yang permanen. Kerusakan kulit ini biasa disebut dengan toasted skin syndrome, biasa ditandai dengan adanya bintik-bintik yang berpola pada kulit dan elastisitas kulit lapisan luar yang juga hilang.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Pediatrics ini menunjukkan bahwa kerusakan kulit bisa terjadi akibat panas yang berasal dari alas laptop terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama. Akibat yang ditimbulkan bukan hanya kulit yang rusak atau rasa sakit namun juga bisa memicu munculnya kanker kulit.

Di sebuah penelitian lain yang diterbitkan dalam Jurnal Fertility and Sterility mengungkapkan bahwa terbiasa memangku laptop dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Panas yang bersumber dari laptop ke arah paha dan area sekitarnya bisa membuat kualitas sperma menurun.

Panas yang mencapai 52 derajat celcius atau lebih ini bisa membuat suhu skrotum meningkat. Skrotum adalah kantung yang melindungi buah zakar dan hanya dalam 10 atau 15 menit saja, setelah memangku laptop, suhu kantung ini akan berubah lebih tinggi daripada ambang normal.

Berhenti memangku laptop adalah cara terbaik menghindari berbagai potensi negatif yang dapat mempengaruhi kesehatan. Terbiasa bekerja di meja dengan laptop bisa menjaga postur tubuh tetap seimbang.

Ternyata memangku laptop adalah kebiasaan kecil yang membawa dampak begitu besar bagi kesehatan. Masih suka memangku laptop?

Comment di sini