Pramuniaga Bikin Kesal Saat Melakukan 4 Hal Ini

by
June 25th, 2012 at 4:13 pm

Ketika berada di sebuah pusat perbelanjaan, kita pasti akan bertemu dengan pramuniaga entah di mall bahkan di pasar sekalipun. Pramuniaga bisa menjadi sangat membantu namun juga membuat kesal di lain waktu.

Tidak semua pramuniaga membantu, malah ada yang justru mengesalkan dengan segala tingkah polah mereka. Ini dia 4 tingkah laku pramuniaga yang sering membuat kesal pelanggan mereka.

1. Selalu mengikuti

Saat kamu memasuki sebuah toko, seorang pramuniaga biasanya akan langsung datang mendekat, lalu mengikuti kemana pun kamu pergi. Tentu saja ini membuat calon pembeli merasa tidak nyaman.  Seringkali malah para calon pembeli memilih untuk pergi dari toko. Sebagai pembeli tentu saja ingin memiliki waktu untuk memilih dan tidak merasa seperti dikuntit atau diawasi saat mencari yang terbaik di dalam toko.

2. Permen sebagai pengganti uang receh

Kejadian seperti ini biasanya terjadi di minimarket, supermarket, ataupun hypermarket. Saat memberikan uang kembalian yang terkadang juga disertai dengan beberapa ratus rupiah, mereka memberi permen sebagai ganti uang beberapa ratus rupiah itu. Padahal permen tidak bisa digunakan untuk membeli barang karena bukan sebagai alat pembayaran yang sah. Saat pramuniaga memberikan uang seperti ini, sebaiknya tolak saja.

3. Berteriak “Boleh kak,…”

Saat berada di pusat perbelanjaan kadang para pramuniaga ini tiba-tiba memanggil dengan mengatakan “boleh kak, bajunya..” dan lain sebagainya. Ada juga calon pelanggan yang tidak nyaman dengan kata-kata yang sering kali diucapkan dengan lantang ini. Kata-kata ini bisa diganti dengan kalimat yang lebih sopan seperti “mari kak, silakan dilihat bajunya..”

4. Ditanya tidak menjawab

Pramuniaga semestinya selalu bersiap sedia untuk menjawab pertanyaan konsumen. Namun, ada saja pramuniaga yang ogah-ogahan, bahkan sama sekali tidak menjawab pertanyaan yang diajukan. Ada pula pramuniaga yang tidak menguasai produk yang dijual sehingga tidak tahu mau menjawab apa.

Itu dia 4 tingkah laku pramuniaga yang sering bikin kesal. Pernah mengalaminya?

Comment di sini