10 Fakta Aneh Tentang Korea Utara

by
June 26th, 2012 at 4:51 pm

Korea Utara selalu menjadi perbincangan karena banyaknya rumor negatif yang sering meliputi negara yang satu ini. Korea Utara dikenal sebagai negara musuh Amerika Serikat yang memiliki senjata nuklir dan tak mau tunduk pada kebijakan Negeri Paman Sam serta sering terlibat konflik dengan negara tetangga, Korea Selatan.

Negara ini juga sangat tertutup. Tidak mudah mengunjungi Korea Utara karena pengurusan izin yang amat rumit. Selain itu masih ada banyak hal yang juga membuat Korea Utara berbeda dengan yang lain. Apa saja itu?

1. Daerah militer

Perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan adalah salah satu perbatasan dengan pengamanan militer tertinggi di dunia. Total angkatan bersenjata yang berjaga di sana ada 2 juta personel dengan rincian, 1,2 juta dari Korea Utara, 680 ribu dari Korea Selatan dan 28 ribu personel asing. Personel Korut juga dilengkapi dengan persenjataan dan kendaraan perang walau banyak di antaranya yang sudah usang.

2. Masih berperang

Walaupun kedua pihak, Korut dan Korsel, telah menghentikan perang sejak 50 tahun lalu, tingkat ketegangan dua negara ini masih tinggi. Bahkan ada sebuah kapal perang milik Korsel yang dibom tahun 2010. Akibatnya 46 tentara meninggal dunia, namun Korut membantah tuduhan ini.

3. 51 kategori masyarakat

Di negara ini para penduduk dibagi menjadi 51 kategori yang diklasifikasikan berdasarkan kesetiaan mereka pada negara. Dari kelompok ini, 29 diantaranya dianggap sebagai kelas bawah yang masih bersitegang dengan rezim.

4. Makanan, cognac, dan cerutu

Kim Jong Il memiliki kesukaan terhadap cerutu, cognac, dan masakan yang lezat namun 4 dari 5 anak Korea Utara menderita gizi buruk karena distribusi makanan yang buruk. Berdasarkan data World Food Programme, kira-kira da 6 juta anak Korea Utara yang membutuhkan bantuan pangan dan sepertiganya mengalami gizi buruk yang parah setelah jatah makan mereka di potong sepertiga atau setengahnya.

5. Memiliki tinggi lebih pendek

Sebuah analisis dari penelitian yang dilakukan terhadap pelarian Korea Utara menunjukkan bahwa mereka yang lahir setelah pemisahan semenanjung Korea di sebelah Utara memiliki tinggi badan 5 cm lebih rendah daripada mereka yang lahir di Selatan.

6. Anak rahasia

Kim Jong Un disembunyikan dari publik sampai September 2010 saat ia telah berusia 27 tahun. Kini Kim Jong Un menjadi pemimpin tertinggi negeri Komunis ini.

7. Kebijakan menutup-nutupi kritik

Mereka memiliki kebijakan untuk memuji pemimpinnya dan meredam kritik yang dilontarkan. Pada saat hari kematian Kim Jung Il, pidato sangat panjang hingga 1500 kata dibacakan untuk memuji kebijakan yang ia ambil semasa hidup dan sekarang dilanjutkan dengan negara yang dipimpin Kim Jong Un.

8. China memegang peranan penting

Kelangsungan hidup Korea Utara tergantung pada China melalui perdagangan dengan nilai hampir 3,5 miliar dolar Amerika.

9. Kim Jong Il pemain golf yang andal

Kim Jong Il bahkan menulis sebuah pertunjukan opera, memiliki foto kenangan, memproduksi film, dan mencapai prestasi yang mengagumkan di bidang olahraga golf. Pria ini mampu menyelesaikan 11 lubang golf hanya dengan menggunakan satu pukulan untuk tiap lubang.

10. Saling ancam, tapi tak mau perang

Jika Korea Utara dan Selatan berperang, mereka akan mengalami kehancuran yang besar terutama bagi Korea Selatan karena ibukota negara, Seoul hanya berjarak 20 mil dari perbatasan. Seoul bisa dipastikan akan hancur lebur bila perang benar terjadi, tetapi Korut juga pasti porak poranda karena peralatan perang yang sudah usang.

10 hal inilah yang membuat mengapa Korea Utara berbeda dengan yang lain.

Comment di sini