7 Hal yang HARUS Dilakukan Saat Terkena Serangan Jantung

by
June 26th, 2012 at 4:01 pm

Serangan jantung bisa muncul begitu saja tanpa ada tanda-tanda terlebih dahulu. Serangan jantung terjadi saat jantung tidak mendapat aliran darah yang cukup karena adanya sumbatan. Sumbatan ini muncul karena adanya plak yang terakumulasi di pembuluh arteri.

Tanpa adanya darah dan oksigen, jantung pun perlahan-lahan akan mati. Serangan jantung tidak selalu berakhir dengan fatal, kamu bisa melihat tanda-tanda seseorang akan terkena serangan jantung atau bila kamu sendiri yang terkena segera bertindak dengan cepat dan tepat.

1. Berhenti melakukan aktivitas saat dada terasa sakit.

Sakit yang terasa biasanya sesak, terbakar, terasa berat di dada. Rasa sakit ini bisa datang dan pergi begitu saja biasanya bermula ringan yang kemudian perlahan-lahan menjadi amat sakit. Orang yang kena serangan jantung biasanya meletakkan telapak tangannya di dada untuk menekan rasa sakit. Kadang pasien juga merasakan adanya sakit yang sangat di bagian tengah dada.

2. Perhatikan gejala yang lain

Saat serangan jantung terjadi, biasanya pasien juga akan mengalami gejala yang lain selain dada yang terasa sakit seperti rasa ingin segera menelan sesuatu, keringat dingin bercucuran, beberapa anggota badan menjadi lemah seperti pada kedua tangan atau lengan, napas yang pendek, detak jantung yang tidak beraturan dan berdebar-debar.

3. Duduk

Duduk atau berbaring tapi letakkan kepala lebih tinggi dari bagian badan.

4. Panggil bantuan

Kami bisa memanggil ambulan atau nomor darurat yang akan membantu kamu. Jelaskan dengan singkat dan jelas apa yang terjadi pada diri kamu.

5. Minum obat

Kamu bisa mengonsumsi obat yang diberi oleh dokter sesuai dengan resepnya jika ada.

6. Mengunyah aspirin

Bila tidak memiliki obat dokter kamu bisa mengunyah aspirin. Obat ini akan membantu menjaga agar platelet tidak lengket sehingga mengurangi kemungkinan adanya pembekuan darah dan membuat darah tetap mengalir di pembuluh arteri. Selalu sediakan aspirin di kotak obat.

7. Memberi napas buatan

Bila menemukan pasien serangan jantung yang tidak sadar, segera beri napas buatan. Jika tidak dapat melakukan itu, telepon nomor darurat agar mendapat instruksi.

Itu dia 7 cara menangani serangan jantung baik yang diri kamu sendiri maupun orang lain.

Comment di sini