Aakash 2, Tablet Android Rp 300 Ribuan Dari India

by
June 26th, 2012 at 4:35 pm

Aakash 2, tablet Android besutan India, merupakan yang termurah di dunia. Dengan harga 2.263 rupee atau sekitar Rp 300 ribuan, tablet ini diklaim memiliki kemampuan yang mumpuni dengan processor yang cepat dan baterai yang tahan lama.

Aakash, yang dalam bahasa Hindi berarti langit, memiliki Operating System yang dapat ditingkatkan menjadi Android Ice Cream Sandwich. Didukung oleh processor 800Mhz, Aakash 2 diharapkan mampu membantu revolusi dunia internet di seluruh India. Datawind, produsen yang berbasis di Inggris, mengaku bahwa produk ini sudah selesai dan siap didistribusikan dalam waktu dua atau tiga minggu ke depan.

“Pengembangan produk ini sudah selesai dan distribusinya diharapkan siap dalam dua atau tiga minggu lagi,” kata CEO Datawind, Suneet Singh Tuli, seperti dikutip dari ComputerWorld, Selasa (10/4).

Menteri Informasi dan Teknologi India Kapil Sibal memberikan pernyataan senada, ia menyatakan bahwa proyek ini mengalami keterlambatan karena ada masalah pada proses distribusi.

Selain processor 8Mhz, Aakash 2 ini akan dilengkapi dengan slot SD Card, USB Port, dan Wi-Fi. Pengembang aplikasi asal India juga telah membuat aplikasi baru yang mendukung kelas menjadi lebih interaktif dengan menggunakan program kuis Clicker dan Sci-lab.

Tablet ini memang utamanya diciptakan untuk para siswa di India. Dari harga awal sekitar USD 45, kini berhasil ditekan oleh pemerintah India dengan menggunakan subsidi menjadi USD 35. Pemerintah India berencana untuk membeli 5 juta unit Aakash 2 tersebut untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah.

Comment di sini