Abang-None Jakarta 2012: Hanya Dua Peserta Asli Betawi

by
June 26th, 2012 at 3:40 pm

Dari 1.854 peserta, 36 finalis telah melewati proses seleksi. Dan dari 36 finalis, hanya dua yang merupakan orang Betawi.

Dalam ajang pemilihan Abang-None Jakarta 2012, 18 pasangan  yang memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta akan memperebutkan gelar Abang-None 2012. Mereka merupakan perwakilan dari lima kotamadya dan satu kabupaten administrasi Provinsi DKI Jakarta.

Pada 3 Juli 2012 di Teater Besar Jakarta, Taman Ismail Marzuki, akan berlangsung Final Pemilihan Abang None Jakarta 2012. Dalam acara ini, 18 finalis tersebut akan unjuk kebolehan. Bakat dan intelektual masing-masing peserta akan dinilai oleh para Dewan Juri. Selain itu, para juri juga akan menilai kemampuan para peserta berbahasa asing. Bahasa Inggris akan menjadi poin utama. Kemampuan berbahasa asing lain akan menjadi nilai tambah.

Masing-masing tiga besar pasangan Abang-None dari enam wilayah telah mengikuti karantina di Hotel Sultan Jakarta. Sejak tanggal 17 Juni 2012, 36 finalis tersebut mendapatkan pelatihan dan pembekalan sebagai persiapan untuk menjadi Duta Wisata dan Budaya yang handal.

Dalam acara yang disiarkan langsung di ANTV tersebut, akan diperebutkan gelar Abang None Jakarta 2012, Wakil I Abang None Jakarta, Wakil II Abang None jakarta, harapan I-III Abang None Jakarta, serta Favorit Abang None Jakarta.

Arie Budhiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI mengatakan, mengatakan bahwa peserta tahun ini meningkat hampir 15%. Terkait jumlah peserta yang meningkat namun peserta dari Betawi asli justru berkurang, Rusdi Saleh, Ketua Dewan Juri Pemilihan Abang dan None Jakarta 2012, mengatakan bahwa hal itu bukan merupakan suatu masalah.

Rusdi, tidak menyambut negatif kurangnya finalis yang berdarah asli Betawi. Ia justru mensyukuri bahwa makin banyak orang yang beminat untuk melestarikan Budaya Betawi.

Comment di sini