Aturan Bekerja Shift Malam Bagi Perempuan

by
June 26th, 2012 at 2:44 pm

Sekarang banyak sekali pekerja perempuan yang harus bekerja di shift malam. Padahal kerja shift malam memiliki resiko yang lebih besar dari shift pagi. Sebenarnya ada nggak sih aturan dari pemerintah soal kerja shift malam untuk perempuan?

Berdasarkan pasal 76 Undang-Undang No. 13 tahun 2003, pekerja perempuan yang berumur kurang dari 18 tahun dilarang dipekerjakan antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00. Itu artinya perempuan berumur di atas 18 tahun diperbolehkan untuk bekerja shift malam. Perusahaan dilarang memperkerjakan pekerja perempuan hamil yang menurut keterangan dokter berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kandungannya maupun dirinya apabila bekerja shift malam.

Berdasarkan Undang-Undang No.13/2003 yang lebih lanjut diatur dalam Kep.224/Men/2003 tentang Kewajiban Pengusaha yang mempekerjakan Pekerja Perempuan di shift malam (pukul 23.00-07.00). Di sini dijelaskan beberapa kewajiban dari perusahaan untuk para pekerja perempuan shift malam.

1. Memberikan makanan dan minuman bergizi

Makanan dan minuman yang bergizi harus setidaknya memenuhi 1.400 kalori, bervariasi, bersih dan diberikan pada waktu istirahat antara jam kerja. Makanan dan minuman bergizi ini tidak bisa digantikan dengan uang.

2. Menjaga kesusilaan dan keamanan selama di tempat kerja

Pengusaha wajib menjaga keamanan dan kesusilaan pekerja perempuan dengan menyediakan petugas keamanan di tempat kerja. Selain itu perusahaan juga harus punya fasilitas kamar mandi yang layak dan terang serta terpisah dari kamar mandi pekerja laki-laki.

3. Menyediakan kendaraan

Selain di dalam tempat kerja, perusahaan juga harus bertanggung jawab soal kendaraan atau akomodasi para pekerja perempuan. Perusahaan harus menyediakan kendaraan antar jemput mulai dari tempat penjemputan ke tempat kerja dan sebaliknya. Lokasi tempat penjemputan harus mudah dijangkau dan aman bagi pekerja perempuan.

Biasanya kewajiban perusahaan tersebut akan dicantumkan pada surat Perjanjian Kerja (kontrak), Peraturan Perusahaan, atau Perjanjian Kerja Bersama. Jadi ingat, sebelum Anda menandatangi Perjanjian Kerja, ada baiknya dibaca terlebih dahulu. Perhatikan apakah perusahaan bertanggung jawab atau tidak jika Anda bekerja di shift malam.

Comment di sini