CiriCara: Cara Membedakan BlackBerry Asli atau Palsu

by
June 26th, 2012 at 10:40 am

BlackBerry saat ini menjadi smartphone yang paling dicari di Indonesia. Apalagi kini banyak penjual BlackBerry yang menawarkan harga yang murah. Tapi apakah kamu sudah yakin kalau BlackBerry (BB) yang kamu beli itu asli?

Karena BlackBerry sangat digemari oleh banyak penggila smartphone, kini banyak oknum yang mencoba menipu para pembeli. Banyak yang menjual BlackBerry klonengan atau BlackBerry palsu. Karena itulah kamu harus waspada sebelum membali BlackBerry.

Berikut cara membedakan BlackBerry asli atau palsu:

1. Perhatikan PIN dan kode IMEI

Sebelum membeli, ada baiknya jika kamu perhatikan kode PIN dan kode IMEI yang terdapat pada BlackBerry yang akan dibeli. Kamu hanya perlu memastikan apakah kode PIN dan kode IMEI pada BlackBerry sama atau tidak dengan kode PIN dan IMEI yang tertera di kardus atau stiker yang tertera di luar.

2. Cek kondisi BlackBerry

Caranya, kamu hanya perlu mengecek di status Lifetime BlackBerry pada option dan status lalu ketik BUYR. Jika status data Lifetime menampilkan angka Nol itu artinya BlackBerry ini masih baru. Tapi, jika status data Lifetime yang muncul adalah Exceeding atau Voice Usage Exeeding sekian menit, itu berarti BlackBerry sudah pernah dipakai alias second. Di BlackBerry palsu menu ini tidak tersedia.

3. Teliti kardus atau box BlackBerry

Kamu bisa memperhatikan pembungkus atau box BlackBerry yang akan kamu beli. Box atau kardus BlackBerry asli terdapat stiker identitas handled beserta hak patennya. Untuk lebih yakinnya lagi kamu bisa cek logo yang tertera pada kardus BlackBerry untuk dicocokan dengan kartu garansi sesuai dengan yang tertera pada body BalckBerry. Jika ada yang berbeda, itu artinya BlackBerry ini palsu.

4. Aplikasi

BlackBerry asli bisa digunakan untuk menginstal aplikasi dari App World. Sedangkan BlackBerry palsu tidak bisa diinstal aplikasi dari App World dan biasanya aplikasinya tidak bisa dirubah, ditambah ataupun dikurangi karena sudah paten.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membedakan mana BlackBerry asli dan mana BlackBerry yang palsu. Jangan tergiur dengan harga murah, lebih baik kamu tetap mengecek keaslian dari BlackBerry yang akan kamu beli.

Bagi kamu yang punya cara lain untuk mengecek keaslian dari BlackBerry silakan bisa di share di komentar. Semoga apa yang kamu bagikan tersebut bisa membantu mereka agar tidak tertipu oleh penjual BlackBerry palsu.

Comment di sini