CiriCara: Cara Menghilangkan Bakteri di Jeans Kesayangan

by
June 26th, 2012 at 6:00 pm

Celana jeans menjadi salah satu tren paling favorit dan digemari saat ini. Model yang satu ini memang cocok digunakan oleh semua orang. Modelnya yang banyak dan beragam membuat celana jeans menjadi salah satu pilihan yang sering dikenakan sehari-hari.

Namun, celana jeans ternyata bisa menjadi sumber infeksi dan sarang bakteri. Oleh karena itu, celana ini harus dicuci secara teratur.

Sayangnya, karena jenis kain yang berat, banyak orang merasa malas mencuci. Namun tidak usah khawatir, karena masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bakteri yang ada di celana jeans.

Menjemur di bawah terik matahari adalah cara yang paling mudah menghilangkan bakteri di celana jeans. Dengan suhu 30 sampai 40 derajat celcius, virus dan bakteri akan mati. Spesialis infeksi tropis Dr Hindra Irawan, SpA (K) mengatakan bahwa bakteri hanya memiliki satu sel untuk berkembang biak dan bertahan hidup termasuk juga di celana jeans, menjemur di bawah panas matahari kemungkinan dapat membunuh kuman tanpa harus dicuci.

Celana yang telah dijemur bisa dikenakan lagi tanpa harus dicuci. Walaupun begitu jangan sampai tidak mencuci jeans selama berbulan-bulan. Demi kebersihan pakaian memang harus dicuci setelah dikenakan apalagi iklim tropis Indonesia cenderung lembap, bakteri mudah berkembang dan menginfeksi.

Penelitian lain yang dilakukan oleh mahasiswa pascasarjana dari Kanada membuktikan bahwa celana jeans dapat menangkal bakteri selama tiga bulan tanpa dicuci. Apabila memasukkan jeans ke dalam freezer, jeans dapat langsung digunakan kembali karena suhu dinginnya bisa membunuh kuman yang berkembang di sana. Tertarik mencoba?

Comment di sini