CiriCara: Ciri-ciri Ambeien

by
June 26th, 2012 at 12:51 pm

Ambeien bisa menyerang siapa saja namun para penderita biasanya akan merasa malu sehingga jarang memperhatikan bahkan cenderung membiarkan hal seperti ini berlanjut. Namun, tahukah kamu kalau ambeien sebenarnya bukan penyakit?

Ambeien disebabkan oleh adanya perubahan fisiologis pada pembuluh darah di anus berupa pelebaran atau pembengkakan yang bisa terjadi pada jaringan yang ada di sekitarnya. Saat terjadi gangguan, pembuluh darah akan membengkak dan melebar, keadaan inilah yang disebut dengan ambeien.

Secara umum ada 4 tahapan kondisi ambeien. Berikut adalah cirinya:

1. Tahap satu

Pada stadium satu, saat buang air besar akan terasa sakit dan ada darah yang menetes namun tidak ada benjolan yang keluar. Saat seperti ini jangan dianggap remeh apalagi bila gejala terus berulang.

2. Tahap 2

Masih sama seperti tahap satu yaitu buang air besar disertai rasa sakit dan darah yang menetes ditambah lagi dengan adanya benjolan yang keluar walaupun akan masuk kembali tanpa perlu didorong.

3. Tahap 3

Tahap ini terjadi apabila pasien telah mengalami gejala pada tahap satu dan dua namun benjolan yang keluar tidak dapat masuk kembali kecuali dengan didorong.

4. Tahap 4

Tahap ini adalah stadium terakhir ambeien. Semua keluhan pada tahap 1, 2 dan 3 muncul namun benjolan masih akan ada di luar walaupun sudah didorong masuk ke dalam.

Untuk mencegah ambeien, tingkatkan konsumsi biji-bijian, sayur, dan buah. Gaya hidup sehat akan membantu membuat feces menjadi lunak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Saat kamu merasa ada darah yang keluar dari anus, tidak semua disebabkan oleh ambeien, bisa saja itu terjadi karena adanya penyakit yang lain seperti polip, divertikel atau pembentukan kantung pada dinding usus dan ini biasanya adalah kelainan bawaan. Bila dalam riwayat keluarga ada yang pernah mengalami hal seperti ini sebaiknya mulai waspada.

Yang dapat menyebabkan anus berdarah bisa berupa penyakit yang lain seperti tumor, luka pada anus, dan radang. Memang agak sulit menebak namun bila gejala seperti di atas muncul, bisa dipastikan itu adalah ambeien. Segeralah mengunjungi dokter.

Comment di sini