Gedung Misterius Syria Lebih Tua dari Piramida Mesir?

by
June 26th, 2012 at 11:59 am

Pada tahun 2009 yang lalu, para ilmuwan berhasil menemukan gedung kuno misterius di Syria. Bangunan ini terbentuk dari bebatuan aneh yang berada di sebuah bukit. Banyak yang menduga kalau bangunan ini lebih tua dari Piramida Mesir yang berusia 10.000 tahun.

Masayarakat sekitar menyebut bangunan kuno tersebut dengan “bentang darat untuk meatian”. Penemu formasi bebatuan aneh ini adalah arkeolog Robert Mason dari Museum Royal Ontario. Dia menemukan beberapa bebatuan, dan makam. Padahal di daerah tersebut tidak ditemui adanya tanda-tanda kehidupan.

Mason menjelaskan penemuannya itu di Museum Semitic Harvard, Amerika Serikat. Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, Mason menyarankan untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut di Syria.

Selain bisa menguak misteri dari struktur bangunan, penelitian juga bisa digunakan untuk menguak usia bangunan secara pasti. Namun, Mason sendiri tidak yakin bisa mengungkap misteri dibalik bangunan kuno di Syria itu.

Lokasi bangunan tersebut berada di sekitar 50 mil di utara Damascus. Area ini adalah area konflik dan sudah ada 10 orang di desa Bakha, utara ibukota yang tewas akibat konflik di Syria tersebut.

Seperti yang dilansir, Daily Mail, Mason memperkirakan formasi bebatuan di gedung kuno ini berasal dari periode Neolitikum atau awal Zaman Perunggu. Jika melihat hal itu, usia bangunan ini adalah 6.000 hingga 10.000 tahun lalu.

Jika benar bangunan itu berusia lebih dari 10.000 tahun, itu artinya bangunan kuno di Syria ini lebih tua dari Piramida di Mesir.

Bangunan kuno ini tampak mencolok di sebuah bukit dan berbentuk seperti rumah. Anehnya selain bangunan kuno tersebut, tidak ada tanda-tanda pemukiman di sekitar lokasi gedung itu ditemukan. Untuk mendapatkan informasi para ilmuwan harus terus melakukan penyelidikan.

Namun sayang, karena daerah tersebut adalah daerah konflik di Syria, para ilmuwan tidak bisa melanjutkan penyelidikan. Konflik di Syria bisa saja membahayakan para ilmuwan yang datang ke sana.

Comment di sini