Foto Jabat Tangan Tokoh Dunia yang Membawa Perdamaian

by
June 26th, 2012 at 3:40 pm

Salaman atau yang biasa disebut dengan jabat tangan bisa menjadi simbol perdamaian. Jabat tangan juga menyimbolkan persetujuan atau menyatakan sepihak dengan orang tersebut. Tapi di beberapa budaya, jabat tangan dipakai untuk saling menyapa.

Jika kita berbicara dalam konteks politik, ada beberapa tokoh dunia yang berhasil membawa perdamaian dengan jabat tangan.

Inilah kelima jabat tangan terpenting yang disertai dengan sejarah yang melatar-belakanginya.

1. De Klerk dengan Nelson Mandela

AP Photo/ John Parkin

Presiden Frederik Willem de Klerk merupakan presiden kulit putih terakhir untuk Afrika Selatan setelah masa jabatannya selesai pada Mei 1994. Presiden de Klerk menjabat tangan aktivis gerakan antiapartheid di Johannesburg, Afrika Selatan pada 1991. Keduanya berjabat tangan seraya menyatakan berakhirnya rasialisme pada warga mayoritas Afrika Selatan yaitu warga berkulit hitam. Presiden de Klerk pada waktu itu menyatakan kebebasan warga kulit hitam untuk menentukan nasib sendiri.

2. Richard Nixon dengan Mao Zedong

AP Photo/Huffington Post

Presiden Amerika Serikat pada 1972, Richard Nixon sempat berjabat tangan dengan pemimpin komunis China, Mao Zedong dalam kunjungan bersejarah Nixon ke negeri Panda tersebut.

3. Ronald Reagan dengan Mikhail Gorbachev

AP Photo/Scott Stewart

Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan dan Perdana Menteri Rusia, Mikhail Gorbachev pada 19 November 1985 menunjukkan pembukaan jalinan hubungan antarnegara yang baru setelah dulunya kedua negara ini pernah berseteru dalam Perang Dingin.

4. Yitzhak Rabin dengan Yasser Arafat

AP Photo/Ron Edmonds

Jabat tangan kedua pemimpi negara ini, Perdana Menteri Israel, Yitzhak Rabin dan Pemimpin Palestina, Yasser Arafat menunjukkan perdamaian antara kedua negara tersebut yang disaksikan oleh Presiden Amerika Serikat saat itu, Bill Clinton di Gedung Putih pada 1993.

5. Menachem Begin dengan Anwar Sadat

AP Photo/Huffington Post

Perdana Menteri Israel, Menachem Begin menjabat tangan Presiden Mesir, Anwar Sadat pada November 1977. Peristiwa ini menjadi pemicu ditanda-tanganinya perjanjian damai 16 bulan setelahnya.

Itulah peristiwa bersejarah yang dimulai dengan berjabat tangan yang kemudian membawa pengaruh pada pedamaian ketika itu.

Huffington Post

Comment di sini