Pria Ini Tak Bisa Sikat Gigi, Tapi Luar Biasa Jenius

by
June 26th, 2012 at 6:16 pm

Dmadeo

Pada saat Kim Peek meninggal di usia 58 tahun karena serangan jantung, Ia telah mengingat dengan sempurna isi dari 12.000 buku. Ingatannya yang luar biasa ini menginspirasi produksi sebuah film berjudul “Rain Man” pada 1988. Film ini meraih 4 Piala Oscar dengan gambar, aktor, dan screenplay terbaik.

Peek memang terlahir dengan kelainan pada otaknya. Meskipun ia tidak mampu menyikat giginya sendiri, ia mampu mengingat segala yang ia lihat. Bahkan, ia mampu membaca buku dengan cara dua halaman sekaligus. Dengan satu buah mata di halaman pertama, dan mata yang lainnya membaca halaman berikutnya. Karena itu lah ia mampu membaca begitu banyak buku dalam hidupnya. Yang lebih mengesankan, ia ingat isi dari 12.000 buku yang ia baca.

Hampir semua orang jenius, yang memiliki ilmu pengetahuan luar biasa banyak dan kemampuan untuk mengingatnya, terbatas hanya pada satu subjek khusus. Tapi tidak dengan Mr. Peek, Ia memiliki ketertarikan pada begitu banyak bidang dan ia dapat dengan mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang sejarah, olah raga, musik, geografi, atau musik.

“Dia adalah Puncak Everest dari semua ingatan,” ucap Dr. Darold A. Treffert, seorang ahli yang telah 20 tahun mengenal Mr. Peek, seperti dikutip dari New York Times.

Peek telah mengingat begitu banyak komposisi musik dengan begitu akurat. Ayahnya tidak pernah lagi mengajaknya ke sebuah pertunjukkan musik karena Peek akan berdiri dan memprotes sang musisi atau aktor yang salah membawakan musik.

Banyak orang percaya bahwa Peek merupakan penderita Autisme, namun mereka terbukti salah. Peek bukan menderita autisme, ia mendapatkan kemampuannya mengingat karena cacat bawaan lahir. Ia memiliki kekurangan berupa koordinasi tubuh yang rusak. ia tidak mampu memakai baju atau menyikat giginya sendiri. Namun itu semua terbayar dengan kemampuannya mengingat banyak hal.

Peek selalu ingin berbagi pengetahuannya kepada dunia. Setiap kali ia tampil di televisi atau sebagai pembicara, ia tidak pernah menerima bayaran.

Comment di sini